get app
inews
Aa Read Next : Unik, Kopi Dicampur Irisan Daun Bawang Lagi Viral di China

Disebut Sebut Tanda Kiamat yang Sudah Muncul di China, Cek Faktanya

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 22:39 WIB
header img
Ilustrasi cek fakta tanda kiamat yang sudah muncul di China. (Foto: Freepik)

JAKARTA - iNewsKarawang.id
Diberitakan beberapa tanda kiamat sudah banyak muncul di berbagai belahan dunia, terlebih tentang kabar tanda kiamat yang sudah muncul di China.

Disebutkan dari beberapa benua dan negara yang menunjukkan tanda-tanda hari kiamat, kali ini berada di Negeri Tirai Bambu China.

Seperti pada 2022, langit China tepatnya di Zhousan digemparkan oleh langit yang berwarna merah seperti darah.

Masyarakat menduga ini adalah fenomena akhir zaman. Namun menurut pemerintah setempat, fenomena tersebut merupakan akibat dari pembiasan cahaya.

Belum lama ini kembali terjadi fenomena aneh di China yang juga dianggap sebagai tanda kiamat. Melalui video yang diberi judul "Tanda Akhir Zaman!! Warga Menangis Melihat Hujan Cacing BerL3nd1r dari Langit Penuhi Daratan!!" memperlihatkan banyaknya cacing yang memenuhi jalanan serta menutupi mobil yang sedang terparkir.

Video viral yang dibagikan pada 25 Maret lalu ini berlokasi di Provinsi Liaoning, Cina. Meski sempat menghebohkan warganet, ternyata setelah dicek kebenarannya, informasi tersebut merupakan hoaks.

Para ahli mengatakan fenomena tersebut adalah bunga poplar yang jatuh dari pohonnya dan terbawa angin sehingga memenuhi jalanan.

Tanda-Tanda Kiamat

Berikut ini tanda-tanda hari kiamat yang dijelaskan dalam kitab suci Alquran:

1. Turunnya Nabi Isa

Dalam Alquran Surat An-Nisa Ayat 159 disebutkan bahwa menjelang hari akhir, Nabi Isa Alaihissallam akan muncul ke bumi dan menjadi saksi bagi umat manusia.

وَاِنْ مِّنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ اِلَّا لَيُؤْمِنَنَّ بِهٖ قَبْلَ مَوْتِهٖ ۚوَيَوْمَ الْقِيٰمَةِ يَكُوْنُ عَلَيْهِمْ شَهِيْدًاۚ

"Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka." (QS An-Nisa: 159)

2. Munculnya Imam Mahdi

Selain turunnya Nabi Isa Alaihissallam ke bumi, kemunculan Imam Mahdi juga menjadi salah satu pertanda hari kiamat segera datang. Imam Mahdi secara etimologi merupakan sebuah gelar dan beberapa ulama menyebutkan Imam Mahdi adalah sosok pemimpin mulia yang akan menegakkan keadilan pada akhir zaman.

Dalam hadits riwayat Al Hakim, cerita mengenai Imam Mahdi pernah disinggung langsung oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Beliau bersabda:

"Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan makin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun."

3. Munculnya Dajjal

Kemunculan Dajjal menjadi salah satu tanda terkuat akan tibanya hari akhir. Dajjal turun ke dunia untuk menyebarkan fitnah di antara manusia. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dalam hadits riwayat Muslim yang menjelaskan jika tidak ada satu pun makhluk Allah Subhanahu wa Ta'ala dari zaman Nabi Adam Alaihissallam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari Dajjal.

4. Kemunculan Ya'juj dan Ma'juj

Selain kemunculan Dajjal, muncullnya makhluk bernama Ya'juj dan Ma'juj juga menjadi pertanda kuat datangnya hari kiamat. Kedatangan dua makhluk ini telah tertuang dalam Alquran Surat Al Kahfi Ayat 94:

قَالُوْا يٰذَا الْقَرْنَيْنِ اِنَّ يَأْجُوْجَ وَمَأْجُوْجَ مُفْسِدُوْنَ فِى الْاَرْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلٰٓى اَنْ تَجْعَلَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ سَدًّا

"Mereka berkata, 'Wahai Zulkarnain, sungguh Ya'juj dan Ma'juj itu (makhluk yang) berbuat kerusakan di bumi, maka bolehkah kami membayarmu imbalan agar engkau membuatkan dinding penghalang antara kami dan mereka?"

5. Matahari terbit dari barat

Jika pada hari-hari biasa matahari terbit dari timur dan tenggelam di arah barat, maka menjelang kiamat akan muncul fenomena di mana matahari terbit dari barat.

Hal ini telah disebutkan dalam hadits Abu Dawud serta Ibnu Majah dari Abdullah bin Amr, "Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata menemui manusia pada waktu dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi."

Itulah penjelasan ringkas mengenai tanda-tanda hari kiamat yang diterangkan dalam Alquran. Wallahu a'lam bisshawab.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut