get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Sehari Berlalu, Kebakaran Hutan Gunung Cengkik Belum Padam, Begini Situasi Terkini

Senin, 16 Oktober 2023 | 15:20 WIB
header img
Situasi terkini Gunung Cengkik (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - BPBD ungkap situasi  terkini kebakaran hutan di wilayah Gunung Cengkik, Desa Kutalanggeng, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang.

Dikatakan Kepala Pelaksana BPBD Karawang, sutuasi saat ini sebagian titik api dari kebakaran lahan hutan di wilayah Gunung Cengkik sudah padam. Namun, ada beberapa titik apa yang masih menyala sampai saat ini.

"Kaitan dengan titik api masih ada, tepatnya yang mengarah ke puncak gunung Cengkik. Dan untuk petak 31 C sama 32 C (Perhutani) sementara kondusif," Ungkap Kalak BPBD Karawang, Mahpudin, Senin,(16/10/2023)

Lebih lanjut, kata Mahpudin, saat ini dari kebakaran tersebut dapat dipastikan tidak akan merambat ke pemukiman warga.

"Dapat dipastikan tidak merembet ke perkampungan dan pemukiman warga. Hal itu dikarena aparat Desa, Kecamatan, Babinsa Koramil dan Babinkamtibmas Polsek, RPH, Asper wilayah Pangkalan serta damkar Pos Pangkalan yang dibantu warga masyarakat sekitar telah melakukan penyekatan agar api tidak merembet ke pemukiman warga," katanya

Selain itu, Ia mengatakan jika pihaknya terus berupaya memadamkan api dan mendistribusikan bantuan ke lokasi.

"Sampai saat ini kita masih berupaya memadamkan api. Dan tadi, kita juga mendistribusikan air bersih ke lokasi, tepatnya untuk warga Desa Kutamaneuh, Cintalanggeng dan Cigunungsari," ujarnya

Dengan terjadinya peristiwa kebakaran yang membakar 5,4 Ha luas lahan hutan di Gunung Cengkik tersebut, Ia mengimbau masyarakat agar tidak lalai saat melakukan aktivitas pembakaran sampah.

"Dihimbau agar  masyarakat senantiasa menjaga keamanan bersama untuk tidak menimbulkan sumber api yg tidak terkendali. Dan jangan meninggalkan sampah yang sedang dibakar, karena hal itu bisa menjadi pemicu kebakaran," tandasnya

Dikabarkan sebelumnya, Telah terjadi kebakaran lahan hutan di wilayah Gunung Cengkik, Kelurahan Kutalanggeng, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang.

Kepala Pelaksana BPBD Karawang, Mahpudin mengatakan bahwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 12.15 WIB dan masih dalam upaya pemadaman oleh personel BPBD dan tim gabungan. 

"Sudah dari siang. Saat ini Personel BPBD bersama masyarakat dan aparat setempat masih dilokasi berupaya memadamkan api dengan manual." kata Kalak BPBD Karawang, Mahpudin saat dihubungi reporter iNewskarawang.id, Minggu,(15/10/2023)

Lebih lanjut, kata Mahpudin, dari kebakaran tersebut lahan hutan seluas 5,4 Ha ludes terbakar. 

" luas lahan yang terbakar sekitar 5,4 Ha, Petak 31c, 32c petak(perhutani)," jelasnya

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut