get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Saking Panasnya Cuaca Karawang, Lahan Hutan di Tegalwaru Kebakaran

Minggu, 15 Oktober 2023 | 21:29 WIB
header img
Kebakaran hutan di Gunung Cengkik, Kabupaten Karawang (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Telah terjadi kebakaran lahan hutan di wilayah Gunung Cengkik, Kelurahan Kutalanggeng, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang.

Kepala Pelaksana BPBD Karawang, Mahpudin mengatakan bahwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 12.15 WIB dan masih dalam upaya pemadaman oleh personel BPBD dan tim gabungan.

"Sudah dari siang. Saat ini Personel BPBD bersama masyarakat dan aparat setempat masih dilokasi berupaya memadamkan api dengan manual." kata Kalak BPBD Karawang, Mahpudin saat dihubungi reporter iNewskarawang.id, Minggu,(15/10/2023)

Lebih lanjut, kata Mahpudin, dari kebakaran tersebut hutan seluas 5,4 Ha ludes terbakar. 

" luas lahan yang terbakar sekitar 5,4 Ha, Petak 31c, 32c petak(perhutani)," jelasnya

Selain itu, Ia juga mengatakan jika proses pemadaman api dilakukan secara manual manual karena lokasi kebakaran yang cukup curam. 

"Proses pemadam api masih berlangsung. kita melakukannya dengan manual dan alat seadanta karena lokasi kebakaran yang begitu curam dan sulit dilalui oleh kendaraan besar," katanya

Dan untuk penyebab kebakaran, sambungnya,  belum diketahui. Namun, kuat dugaan karena cuaca ekstrim.

"Sampai saat ini penyebab kebakaran belum diketahui dan masih dalam penyelidikan. Tapi, kemungkinan karena cuara panas yang begitu ekstri yang terjadi di Karawang," jelasnya

Ia juga menyebut bahwa lokasi kebakaran dekat dengan pemukiman warga serta rambatan api yang mengarah langsung ke pemukiman warga.

Dengan hal tersebut, dirinya telah melakukan pengamanan petugas untuk berjaga di lokasi serta mengimbau kepada warga sekitar agar bersiaga, dikhawatirkan api semakin membesar dan merambat ke pemukiman warga.

"saya perintahkan ke damkar pos Pangkalan untuk bersiaga di pemukiman agar tidak menjalar ke pemukiman warga. Dan untuk warga sekitar, selalu siap siaga, dikhawatirkan api terus membesar dan merambat ke pemukiman warga,"tandasnya

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut