get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Emak-Emak PKK Beradu Resep Inovasi Olahan Ikan di HUT Karawang ke 390 

Selasa, 19 September 2023 | 10:08 WIB
header img
Emak-Emak PKK Beradu Resep Inovasi Olahan Ikan di HUT Karawang ke 390 (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dinas Perikanan bersama PKK Kabupaten Karawang menggelar Lomba Inovasi Olahan Serba Ikan 2023 di Aula Husni Hamid Pemda Karawang, Senin,(18/9/2023).

Kepala Diskan Karawang, Ade Sudiana mengatakan jika perlombaan tersebut merupakan rangkaian acara dari HUT Karawang ke-390.

"Perlombaan ini merupakan ajang kolaborasi Diskan bersama PKK. Dimana para tim penggerak PKK setiap Kecamatan di Karawang ini berkreasi, berinovasi, menghidangkan olahan ikan yang berbeda dari biasanya," kata Ade, Senin,(18/9/2023)

Lebih lanjut, kata Ade, pada perlombaan ini para peserta yang terdiri dari 30 tim penggerak PKK dari setiap Kecamatan di Karawang bersaing berlomba menyajikan hidangan olahan ikan terbaik. Dan nantinya, Inovasi olahan ikan terbaik yang disajikan peserta akan dijadikan sebagai perwakilan Kabupaten Karawang di perlombaan inovasi olahan ikan.

"Dari sekian ratus resep masakan yang dibuat peserta akan dipilih juara 3 besar dan 3 juara harapan. Dan nantinya, resep makanan yang juara ini akan dilombakan, mewakili Kabupaten Karawang di ajang inovasi olahan serba ikan tingkat provinsi," jelasnya

Selain itu, kata Ade, para peserta yang berhasil meraih juara akan mendapatkan hadiah uang tunai.

"Bukan hanya resepnya diikut sertakan diajang perlombaan di Provinsi, para peserta yang juara pun akan mendapatkan uang tunai jutaan rupiah," katanya

Ade juga membeberkan jika perlombaan tersebut bukan hanya ajang inovasi para ibu-ibu PKK saja. Melainkan, menyuarakan gemar makan ikan dikalangan masyarakat luas.

"Tujuan utamanya ialah untuk meningkatkan kegemaran masyarakat Kabupaten Karawang dalam mengonsumsi ikan. Dan mereka ini akan menjadi bagian dari menyemarakkan gemar makan ikan di wilayahnya," tuturnya

Sementara itu, Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepulloh memberikan apresiasi atas antusiasme ibu-ibu PKK yang mengikuti perlombaan tersebut.

"Luar biasa. Disini sajian makanannya variatif dan diluar batas pengetahuan kita kalau ikan bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan, mulai dari makanan basah maupun kering," serunya

Kemudian, Ia juga mengatakan jika mengonsumsi ikan merupakan salah satu upaya membantu penurunan angka stunting di Karawang.

"Jangan salah, selain telur, dengan mengonsumsi ikan juga bisa memenuhi gizi anak. Dan bukan hanya Dinas Kesehatan saja yang berupaya menurunkan angka stunting di Karawang, melainkan seluruh stakeholder harus berkolaborasi. Salah satunya dengan menyuarakan gemar makan ikan harus diterapkan, guna upaya menekan angka stunting di Karawang," tandasnya

Diketahui, hasil dari lomba inovasi olahan serba ikan, Kecamatan Pedes meraih juara Harapan 1, Kecamatan KlariJuara Harapan 2, Kecamatan Telagasari Juara Harapan 3.

Dan, Untuk Juara 1 dimenangkan Kecamatan Rawamerta, Juara 2 diraih oleh Kecamatan Kutawaluya, dan Juara 3 dimenangkan Kecamatan Telukjambe Timur.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut