get app
inews
Aa Read Next : Kisah Haru! Ibu Kos Berhati Baik Beri Camilan Pada Anak Kosnya yang Sedang Ujian

Cara Mengatasi Homesick, Begini Ulasannya!

Rabu, 16 Agustus 2023 | 20:41 WIB
header img
Mengatasi Rasa Homesick Bagi Mahasiswa Perantau

JAKARTA, iNewskarawang.id - Menjadi mahasiswa perantau yang jauh dari orangtua bukanlah hal mudah. Rasa rindu terhadap suasana rumah membuat mereka sering dilanda homesick. Apalagi, perlu waktu yang lama untuk dapat berkumpul lagi dengan keluarga.

Dikutip dari Campus Grotto, Kamis (23/4/2015), berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi rasa homesick.

1. Telefon ke rumah

Saat ini alat komunikasi semakin memudahkan kita untuk terus keep in touch. Jika kamu merasa kangen, jangan ragu untuk menelefon ke rumah. Dengan cara ini kamu dapat mendengarkan suara keluarga dan orang terdekatmu. Kamu juga bisa mengobati sedikit kerinduanmu dan menghibur hati agar tidak sedih.

2. Pulang

Jika jarak tempuh antara kampus dengan rumah tidak terlalu jauh dan mudah untuk diakses, maka pulanglah ke rumah. Kamu bisa melakukannya pada akhir pekan. Mengonsumsi makanan buatan ibunda Dan mencuci baju kotor di rumah adalah beberapa atmosfer yang bisa kamu nikmati saat pulang. Namun, jika kamu harus menggunakan pesawat supaya bisa sampai ke rumah, kamu harus bisa mengatur keuangan. Kamu bisa menyiasati rasa homesick dengan pulang di setiap akhir semester.

3. Menyibukkan diri

Ikutlah beberapa kegiatan yang bisa menyibukkan dirimu. Rasa sibuk ampuh untuk menghilangkan segala pikiran untuk pulang ke rumah. Kamu juga bisa mengambil pekerjaan paruh waktu atau fokus pada kegiatan akademis. Dengan cara ini kamu tidak hanya terhindar dari homesick tapi juga bisa meningkatkan nilai atau menambah teman dan pengalaman.

4. Membuat kamar kos atau asrama nyaman

Bawalah benda-benda yang bisa membuat suasana kamar kos atau asramamu lebih nyaman dan familiar dengan suasana rumah. Kamu bisa membawa foto-foto, bantal, atau selimut kesayanganmu di tempat perantauan. Jika pulang, bawalah makanan rumahan ke tempat kos. Dengan cara ini kamu akan merasa kamar kos atau asramamu tampak seperti suasana kamarmu di rumah.

5. Bersosialisasi

Pergilah dengan teman-temanmu di kampus. Cari teman sebanyak-banyaknya. Kegiatan belajar bersama hingga ke bioskop bersama dapat membantumu untuk tidak terlalu merasa homesick.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut