get app
inews
Aa Read Next : Kisah Utsman bin Mazh'un Ungkap Manfaat Hubungan Badan bagi Pasutri

7 Tanda Kehamilan yang Harus Pasutri Ketahui, Simak Selengkapnya!

Minggu, 16 Juli 2023 | 16:41 WIB
header img
7 Tanda Kehamilan (Foto : ilustrasi)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Wanita yang sudah menikah seringkali menunggu kedatangan sang buah hati. Namun, sebagian dari mereka terkadang tidak menyadari tanda-tanda kehamilan yang dialaminya.

Dilansir dari berbagai sumber, selain telat haid ada beberapa tanda-tanda kehamilan yang harus calon ibu ketahui, diantaranya;

1. Keluar darah dari vagina

Keluarnya darah dari vagina bisa dijadikan sebagai tanda awal kehamilan yang dikenal dengan perdarahan implantasi. Yaitu, darah yang keluar berwarna kecokelatan atau merah muda dengan jumlah yang sedikit.

2. Sering buang air kecil

Terjadi peningkatan HCG (human chorionic gonadotropin), pada awal kehamilan sehingga membuat produksi urine menjadi lebih banyak yang menyebabkan kandung kemih menjadi lebih cepat penuh. Faktor lainnya disebabkan oleh pembesaran ukuran rahim yang menekan kandung kemih.

3. Payudara lebih kencang

Pada ibu hamil payudara lebih kencang, dikarenakan meningkatnya aliran darah serta jaringan payudara yang mulai berubah akibat penurunan hormon yang terjadi dalam tubuh ibu. Kondisi tersebut merupakan proses alami tubuh untuk mempersiapkan kelahiran bayi dan dimulainya proses menyusui.

4. Kram Perut

Kram perut sebagai tanda kehamilan pada umumnya terjadi pada 6-12 hari setelah pembuahan terjadi, atau minggu pertama kehamilan.

5. Perubahan nafsu makan

Ibu hamil cenderung mudah merasa lapar dari biasanya, dimana hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang menjadi salah satu tanda awal kehamilan.

6. Mudah merasa sakit di bagian pinggang

Hampir sama dengan rasa sakit yang dirasakan saat menstruasi, ibu hamil juga akan mudah merasakan sakit di bagian pinggang yang dapat diatasi dengan cara mengompres dengan air hangat.

7. Sembelit

Hal ini terjadi karena dinding usus yang kendur diakibatkan oleh perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil. Tanda ini sering diabaikan, sebab sembelit dapat terjadi pada siapa pun.

Gejala ini lebih sering terjadi pada akhir kehamilan, tapi dalam beberapa kasus bisa terjadi di trimester pertama.

Itulah beberapa tanda yang dialami oleh calon Ibu yang jarang disadari, setelah mengetahui beberapa tanda tersebut, calon Ayah harus lebih peka dan selalu membantu Ibu untuk merasa lebih aman selama masa kehamilan.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut