get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

RS Lira Medika Hadirkan Layanan TACE, Metode Modern Atasi Kanker

Rabu, 12 Juli 2023 | 14:17 WIB
header img
Launching Layanan TACE/TACI RS Lira Medika Karawang (Foto : inewskarawang/Iqbal)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Tingkatkan kualitas pelayanan, Rumah Sakit Lira Medika Karawang hadirkan kemoterapi metode modern TACE/TACI.

Direktur RS Lira Medika Karawang, dr. Ronny Novianto, M.Kes mengatakan, layanan Tace/Taci ini merupakan metode kemoterapi modern paling sering dilaksanakan untuk mengatasi kanker hati.

“Terapi ini memadukan embolisasi dengan kemoterapi. TACE dilakukan dengan menyuntikkan obat ke area kanker dan menghambat aliran darah ke sel kanker di hati," kata Ronny, Rabu,(14/6/2023)

Lebih lanjut, Ronny juga menjelaskan bahwa meski sama-sama menangani kanker,Tace/Taci ini memiliki perbedaan.

"Pada transarterial chemoinfusion (TACI), dokter akan menyuntikkan obat kemoterapi ke dalam pembuluh darah yang memberi makan sel-sel kanker. Dan pada transarterial chemoembolization (TACE), dokter tidak hanya menyuntikkan obat kemoterapi. Dokter juga akan menambahkan zat tertentu untuk menyumbat pembuluh darah tersebut," jelasnya

Selain itu, Kata Ronny, TACI dan TACE dapat menjadi terapi utama atau dilakukan bersama dengan pengobatan kanker lain. Misalnya, operasi, radioterapi, ablasi, dan kemoterapi.

"Kemoembolisasi dilakukan pada pasien yang tidak bisa menjalani prosedur operasi dan pada pasien yang sedang menunggu donor hati. Kemoembolisasi juga dapat dilakukan untuk menyusutkan tumor agar bisa diangkat melalui bedah," katanya

Ia juga berharap, dengan adanya layanan Tace/Taci ini masyarakat khususnya di Kabupaten Karawang bisa mendapatkan layanan kemoterapi yang terbaik.

"Semoga dengan adanya Terapi TACI/TACE ini, kita dapat memberikan pelayanan yang semakin baik dan optimal bagi pasien kita," tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut