get app
inews
Aa Read Next : Raih Banyak Prestasi, Begini Cara Guru SMAN 1 Telagasari Cetak Siswa Berprestasi

Berikut 7 Perguruan Pencak Silat Terbesar di Indonesia yang Buka Cabang Sampai Luar Negeri

Rabu, 05 Juli 2023 | 18:40 WIB
header img
Pencak silat (Reuters)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Pencak silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia yang tersebar di seluruh nusantara. Bahkan ada sejumlah perguruan silat yang membuka cabang di luar negeri.

Berikut 7 perguruan pencak silat besar di Indonesia yang juga membuka cabang di luar negeri, sebagaimana dirangkum pada Rabu (5/7/2023) :

1. Tapak Suci Putera Muhammadiyah (Tapak Suci)

Perguruan Tapak Suci Putera Muhammadiyah atau Tapak Suci merupakan salah satu perguruan silat terbesar di Indonesia. Tapak Suci berdiri di Kauman Yogyakarta pada 31 Juli 1963.

Tapak Suci Putera Muhammadiyah merupakan anggota IPSI yang memiliki landasan Islam dengan bersumber di Alqran dan As-Sunnah. Perguruan ini memiliki juga beberapa cabang di luar negeri, seperti Singapura, Belanda, Jerman, Austria, dan Mesir.

2. Pagar Nusa

Pagar Nusa atau Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPS NU) merupakan salah satu perguruan pencak silat terbesar di Indonesia. Pagar Nusa berdiri di Kediri, Jawa Timur pada 3 Januari 1986.

Perguruan Pagar Nusa berdiri lantaran turunnya ilmu bela diri pencak silat khususnya yang ada di pesantren saat itu. Perguruan ini memadukan unsur seni bela diri dengan akidah Islam.

Pagar Nusa kini memiliki cabang khusus di Malaysia. Selain itu, Pagar Nusa membuka cabang di beberapa negara lainnya, seperti Azerbaijan, Austria, Tunisia, Maroko, Mesir, dan Swiss.

3. Setia Hati Terate

Persaudaraan Setia Hati Terate merupakan salah satu perguruan terbesar di Indonesia. Perguruan ini berpusat di Kota Madiun. Setia Hati Terate memiliki cabang di 236 kabupaten atau kota seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, Setia Hati Terate juga membuka cabang di luar negeri, seperti Belanda, Rusia, Malaysia, Timor Leste, Hongkong, Korea Selatan, Jepang, Belgia, hingga Prancis.

4. Merpati Putih

Merpati Putih merupakan perguruan seni bela diri dengan tangan kosong. Aliran ini sudah dikenal masyarakat sejak 1950-an. Perguruan Merpati Putih berdiri di Yogyakarta pada 2 April 1963.

Perguruan Merpati Putih saat ini juga memiliki cabang di luar negeri, seperti Belanda, Amerika Serikat, Filipina, dan Jepang.

5. Setia Hati Winongo

Setia Hati Winongo merupakan perguruan yang berpusat di Kota Madiun. Perguruan Setia Hati Winongo juga memiliki cabang di negara Eropa, seperti Prancis dan Belanda.

6. Perisai Diri

Perisai Diri termasuk salah satu perguruan pencak silat terbesar di Indonesia. Perguruan ini didirikan RM Soebandiman Dirdjoatmodjo di Kota Surabaya, Jawa Timur, pada 2 Juli 1955. Perguruan ini memiliki beberapa teknik menarik seperti teknik minangkabau, meliwis, naga, dan harimau.

Perisai Diri juga memiliki cabang di luar negeri seperti di Australia hingga beberapa negara di benua Eropa.

7. IKSPI Kera Sakti

KSPI Kera Sakti adalah salah satu perguruan silat terbesar di Indonesia. Berpusat di Desa Buduran Kabupaten Madiun, perguruan pencak silat satu ini bisa dikatakan mirip dengan gerakan kungfu yang ada di Tiongkok.

IKSPI Kera Sakti biasanya melakukan pengesahan dalam kurun waktu setiap empat bulan sekali. Pengesahan itu tak hanya dilakukan pada IKSPI Kera Sakti Madiun saja, melainkan pula IKSPI Kera Sakti Timor Leste, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Korea Selatan, hingga Irlandia.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut