get app
inews
Aa Read Next : Tuntunan Doa Qunut Nazilah PBNU dalam Aksi Damai Bela Palestina

Menko PMK Sarankan Jemaah Muhammadiyah Potong Hewan Kurban Besok Kamis

Rabu, 28 Juni 2023 | 14:44 WIB
header img
Menko PMK Muhadjir Effendy. (MPI/Riyan Rizki)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyarankan, jemaah Muhammadiyah yang lebih dulu menggelar Salat Idul Adha 1444 Hijriah pada hari ini agar melakukan pemotongan hewan kurban pada Kamis, 27 Juni 2023 besok.

"Saya menyarankan untuk sholat Idul Adha hari ini supaya tidak langsung melakukan penyembelihan kurban," kata Muhadjir kepada wartawan di Kantor Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/6/2023).

Hal ini pun dimaksudkan, kata dia, agar ada keseragaman dengan umat muslim yang menyelenggarakan sholat Idul Adha pada Kamis atau mengikuti pemerintah.

"Jadi penyembelihan kurbannya besok bersama-sama dengan saudara-saudara kita yang melaksanakan Idul Adha besok ya, biar lebih kompak," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy hadir mengikuti ibadah Salat Idul Adha 1444 Hijriah di Kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat.

Pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi, Muhadjir tiba sekira pukul 06.22 WIB. Terlihat ia hadir dengan menggunakan baju koko berwarna putih, menggunakan sarung warna biru dan peci berwarna hitam.

Dalam momen Idul Adha kali ini, Muhadjir mengatakan memilih untuk menjadi jamaah ketimbang menjadi khatib lantaran dia ingin lebih khusyuk mendengar ceramah.

"Saya kira Idul Adha hari ini akan berjalan lancar begitu juga yang menyelenggarakan Idul Adha besok," kata dia kepada wartawan.

Muhadjir pun berharap, momen Idul Adha 2023 ini tidak ada perpecahan meski adanya perbedaan pelaksanaan ibadah antara Muhammadiyah dengan pemerintah.

"Kita sudah terbiasa untuk bertoleransi dengan perbedaan dan masing-masing punya argumen baik secara syariah dan ilmiah," tuturnya.

"Sehingga tidak perlu dipertentangkan yang penting mari terus kita pupuk tali persaudaraan, ukuwah islamiah, ukuwah watoniah sebagai sebangsa dan setanah air, itu yang penting," tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut