get app
inews
Aa Read Next : Disebut-sebut 5 Provinsi di RI Jadi Primadona Investasi pada 2024, Salah Satunya Jawa Barat

Menko Marves : RI Sudah Temukan Pola untuk Menjadi Negara Maju

Rabu, 14 Juni 2023 | 17:46 WIB
header img
Menko Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto:MPI)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Indonesia sudah menemukan pola untuk menjadi negara dengan penghasilan tinggi. Demikian dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kepada wartawan dalam acara Jakarta Geopolitical Forum 2023 di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (14/6/2023).

"Kita sudah ketemu pattern untuk jadi negara high income country, itu saya kira bisa kita lakukan," terangnya. 

Luhut menjelaskan, pola tersebut dilihat berdasarkan segi bonus demografi, kekayaan alam, downstream industry atau hilirisasi hingga digitalisasi.

"Itu ingredients untuk membuat Indonesia hebat," ucapnya.

 Luhut pun berharap agar presiden selanjutnya dapat meneruskan pola tersebut, sehingga tujuan menjadi negara high income dapat tercapai.

 "Jadi saya berharap siapa pun presiden ke depan harus melalukan ini, tidak usah bicara perubahan lah, bagaimana menyempurnakan, mempercepat proses ini, supaya generasi kalian juga bisa nanti melihat," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjojanto mengatakan, Indonesia tengah mencari solusi untuk memperkuat stabilitas kawasan di tengah konflik Rusia-Ukraina dan perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

 

"Kita harus menghadirkan solusi-solusi baru. Solusi adalah rantai pasok global yang harus diperkuat, solusinya kita berkolaborasi dengan negara-negara selatan, kalau itu dikumpulkan dari Nigeria, India, sampai Brasil dan Argentina, itu bisa menghasilkan kekuatan ekonomi baru yang signifikan dalam 20 tahun ke depan," pungkasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut