get app
inews
Aa Read Next : Real Count KPU Sementara Pileg DPRD Karawang : NasDem Tertinggi, Golkar-PKS Bersaing Ketat

Panglima TNI Tegaskan Prajurit Wajib Netral di Pemilu 2024

Jum'at, 26 Mei 2023 | 14:07 WIB
header img
Panglima TNI Tegaskan Prajurit Wajib Netral di Pemilu 2024

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menegaskan jajarannya agar menjaga netralitas. Bahkan, Yudo turut membeberkan 5 poin penting yang harus dijaga para prajurit dari ketiga Matra.

Pertama, Yudo meminta agar prajurit tidak memihak partai politik (Parpol) maupun pasangan calon (Paslon) yang diusung oleh parpol tertentu.

"Satu, tidak memihak dan tidak memberi dukungan kepada partai politik manapun beserta Paslon yang diusung serta tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis," ujar Yudo dalam keterangan yang diunggah Dinas Penerangan TNI, Kamis (25/5/2023).

Yudo menegaskan agar jajarannya tidak memberikan ruang bagi kampanye parpol. Termasuk, memberi hasutan kepada sanak saudara untuk menentukan siapa Paslon maupun parpol yang bakal dipilih.

"Dua, tidak memberikan fasilitas tempat atau sarana dan prasarana milik TNI kepada Paslon dan Parpol untuk digunakan sebagai sarana kampanye," tuturnya.

"Tiga, keluarga prajurit TNI yang memiliki hak pilih (hak individu sebagai warga negara), dilarang memberikan dalam menentukan hak pilih," sambung Yudo.

Keempat, lanjut Yudo, tidak memberikan tanggapan, komentar dan meng-upload apapun terhadap hasil quick count sementara yang dikeluarkan oleh lembaga survei.

"Lima, menindak tegas prajurit TNI dan PNS yang terbukti terlibat politik praktis, memihak dan memberi dukungan partai politik beserta Paslon yang diusung," pungkasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut