get app
inews
Aa Read Next : Jimly Asshiddiqie Menilai Indonesia Bentuknya Republik, Perilaku Politiknya Seperti Kerajaan

8 Negara yang Lolos ke Perempat Final Piala Sudirman 2023, Indonesia Bertemu Malaysia

Kamis, 18 Mei 2023 | 16:34 WIB
header img
8 Negara yang Lolos ke Perempatfinal Piala Sudirman 2023, Indonesia Bertemu Malaysia

JAKARTA, iNewskarawang.id - Ada sebanyak  8 negara yang lolos ke perempatfinal Piala Sudirman 2023i. Piala Sudriman 2023 sendiri sudah dimulai pada 14 Mei 2023.

Perlu diketahui sebanyak 16 negara ikut ambil bagian di Piala Sudirman 2023, termasuk Indonesia. Ke-16 negara itu dibagi ke dalam empat grup (A-D).

Indonesia berada di Grup B bersama Kanada, Jerman, dan Thailand. Saat ini, fase grup Piala Sudirman 2023 pun masih berlangsung.

Namun, delapan negara dari tiap grup sudah memastikan diri lolos ke perempatfinal. Hal itu tak terlepas dari moncernya kedelapan negara tersebut saat mentas di penyisihan grup Piala Sudirman 2023.

Dari Grup A China dan Denmark sudah memastikan tiket ke perempatfinal. China ada di peringkat pertama setelah melibas Mesir (5-0) dan Singapura (5-0).

Begitu pun dengan Denmark, yang saat ini ada di posisi kedua. Denmark berhasil menghajar Singapura (4-1) dan Mesir (5-0). Kedua negara akan berjumpa di laga pamungkas Grup A untuk menentukan juara dan runner up dari grup tersebut.

Sementara dari Grup B, Indonesia dan Thailand sudah dipastikan lolos ke perempatfinal. Indonesia mendulang kemenangan atas Kanada (5-0) dan Jerman (4-1). Torehan itu juga diikuti Thailand.

Thailand sukses membungkam Jerman (4-1) dan Kanada (4-1). Meski menuai hasil yang sama, Indonesia lebih unggul dari Thailand.

Sebab itu, Indonesia kini berada di puncak klasemen Grup B Piala Sudirman 2023. Namun posisi itu belum aman bagi Indonesia. Anthony Ginting dkk masih harus melawan Thailand di laga penutup Grup B untuk menentukan juara dan runner up.

Di sisi lain, Malaysia dan Taiwan juga dipastikan mulus ke perempatfinal. Malaysia kini ada di posisi pertama, sedangkan Taiwan di peringkat kedua. Keduanya pun akan bentrok demi menentukan juara dan runner up Grup C Piala Sudirman 2023.

Sedankgan dari Grup D, Jepang dan Korea Selatan juga dipastikan melenggang ke perempatfinal Piala Sudirman 2023. Sama halnya dengan tiga grup sebelumnya, Jepang dan Korea Selatan akan saling bertemu untuk menentukan juara dan runner up Grup D.

Delapan negara kontestan memang sudah dipastikan mentas di perempatfinal. Namun, belum diketahui negara mana yang akan saling bersua di perempatfinal.

Pasalnya, kedelapan negara ini akan mengikuti undian untuk menentukan lawannya masing-masing. Sebagai informasi, menurut aturan, juara dari tiap grup akan bertemu runner up dari grup lain.

Seperti yang sudah disinggung, delapan negara itu harus ikut undian lagi untuk penentuan lawan di perempatfinal. Indonesia pun berpotensi bertemu Malaysia di perempatfinal.

Hal itu bisa saja terjadi, jika Indonesia finis kedua dan Malaysia jadi juara di fase grup Piala Sudirman 2023. Pun sebaliknya, seandainya Indonesia lolos sebagai juara Grup B dan Malaysia jadi runner up, bukan tak mungkin keduanya akan saling berjibaku di perempatfinal.

Seandainya kedua negara saling bentrok, tentu mengingatkan kita semua pada Piala Sudirman 2021. Untuk diketahui, ketika itu Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia dan terhenti di perempatfinal.

Di sisi lain, Malaysia yang lolos ke semifinal gagal melangkah ke final. Mereka bertekuk lutut dari Jepang dengan skor 1-3.

Lantas, bagaimana drawing perempatfinal Piala Sudirman 2023? Tentu menarik untuk diikuti perkembangannya. Namun yang pasti Indonesia harus berjuang di laga pamungkas Grup B kontra Thailand, Kamis 18 Mei 2023.

Berikut daftar 8 negara yang lolos ke perempatifinal Piala Sudirman 2023:

Grup A: China dan Denmark

Grup B: Indonesia dan Thailand

Grup C: Malaysia dan Taiwan

Grup D: Jepang dan Korea Selatan

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut