get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Wow Keren! Anak Petani Asal Brebes Ini Diterima 13 Universitas Terbaik Dunia

Selasa, 02 Mei 2023 | 21:01 WIB
header img
M. Khaidar Khamzah, siswa kelas XII IPA MAN 1 Brebes diterima di 13 Universitas top dunia. Foto/Dok/MAN 1 Brebes

JAKARTA, iNewskarawang.id - Tak disangka M. Khaidar Khamzah, siswa kelas XII IPA MAN 1 Brebes diterima di 13 Universitas top dunia yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

Perlu diketahui Khaidar diterima 13 Universitas Luar Negeri yang ditawarkan oleh Kemendikbudristek berdasarkan top 100 Universitas terbaik dunia seperti di negara Amerika, Kanada, Inggris dan Australia.

Selama mengikuti seleksi ini, langkah awal yang dilakukan Khaidar  adalah mengumpulkan berkas, tes substansi hingga interview berbahasa Inggris.
Setelah  dinyatakan lolos, Khaidar memulai mengikuti Program Persiapan yang dilaksanakan oleh Puspresnas seperti kursus bahasa Inggris (IELTS) dan Scholastic Aptitude Test (SAT). 

“Selain itu, untuk menunjang portofolio agar lebih bagus saya mengikuti kegiatan proyek sosial dengan membuat kegiatan “Sharing of Campus Experience” bersama tiga rekan lain di MA Al Hikmah 2 Benda Brebes dan mengisi waktu dengan konselor yang disiapkan oleh peneliti melalui kegiatan College Counseling, untuk membantu saya dalam proses pendaftaran, konsultasi universitas, dll,” tutur Khaidar.

Untuk proses seleksi Beasiswa Indonesia Maju (BIM) dari Kemendikbudristek, program persiapan S1 Luar Negeri ini sudah Khaidar siapkan sejak kelas XI dan mulai bimbingan di awal masuk kelas XII selama 6 bulan.

"Keberhasilan Khaidar tak lepas dari peran kedua orang tua, dukungan seluruh Guru MAN 1 Brebes, serta kesungguhannya dalam mengikuti setiap tahap seleksi,” ungkap Amaludin Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum. Khaidar mengatakan, dari 13 Universitas Luar Negeri yang menerima, dirinya memantapkan diri untuk memilih Univercity of Toronto Mississauga Kanada Jurusan Studies in Social Sciences (Economics and Econometrics) usai dinyatakan lolos seleksi gelombang 1 pada 14 Maret 2023.

Selain diterima di 13 universitas kenamaan, Khaidar juga lolos masuk daftar tunggu di Columbia University, Cornell University, dan Babson Collage, Amerika. “Usaha tidak akan mengkhianati hasil, ternyata slogan ini benar-benar diterapkan Khaidar,” ungkap Nurhayati, Kepala MAN 1 Brebes. “Khaidar adalah anak dari Bapak Saepudin dan Ibu Khotimah, petani sederhana asal Desa Jatimakmur, Songgom, Brebes, dan Khaidar adalah anak ke-6 dari 7 bersaudara,” tutur Kepala MAN 1 Brebes.

"Meski lahir dari keluarga sederhana, tidak ada halangan bagi Khaidar akan keinginannya untuk maju dan meraih cita-citanya meski harus menghadapi semua tantangan saat mengikuti setiap proses seleksi nasional yang cukup berat ini,” lanjutnya. Kepala MAN 1 Brebes berharap keberhasilan Khaidar akan menjadi motivasi bagi adik-adik siswa-siswi MAN 1 Brebes untuk mengikuti jejaknya untuk tetap semangat meraih cita-cita. Sebagai bentuk apresiasi MAN 1 Brebes terhadap keberhasilan Khaidar, pihaknya kini sedang mengajukan bantuan beasiswa pendidikan ke Baznas serta melakukan penggalangan dana oleh bapak dan ibu guru serta karyawan T.U. MAN 1 Brebes untuk sekadar membantu meringankan biaya persiapan menuju keberangkatannya ke Kanada.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut