get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Prabowo-Erick Unggul dalam Simulasi Pasangan Capres-Cawapres, Ini Survei Poltracking !

Jum'at, 28 April 2023 | 20:39 WIB
header img
Prabowo Subianto (Foto: Dok Antara)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Pasangan Prabowo Subianto-Erick Thohir unggul tipis jika melawan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil (RK).

Hal ini berdasarkan survei Poltracking Indonesia teranyar membuat empat simulasi pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). 

Pasangan Prabowo-Erick juga unggul tipis jika melawan Ganjar-Sandiaga Uno, termasuk saat Ganjar dipasangkan dengan Erick mampu mengungguli tipis pasangan Prabowo-Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Sementara Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selalu di urutan terakhir dalam berbagai simulasi.

"Simulasi pertama, Prabowo Subianto-Erick Thohir (30,3%), Ganjar Pranowo Sandiaga (28,4%) terpaut sangat tipis, Anies-AHY (Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono) terpaut agak jauh di bawah 21,9%, undecided 19,4%,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR dalam rilis survei daring, Jumat (28/4/2023).

Simulasi kedua, kata Hanta, Ganjar unggul tipis jika berpasangan dengan Erick (30,4%) dan Prabowo-Cak Imin (30,2%), perbedaannya sangat tipis sekali dan tidak bisa diprediksi jika dilakukan hitung cepat atau quick count karena berimbang, sementara Anies-AHY 20,3%, dan undecided 19,1%.

Dalam simulasi ketiga, Hanta menjelaskan, Prabowo-Airlangga Hartarto 28,8% unggul tipis dari Ganjar-Sandiaga 28,3%, dan sekali lagi tidak bisa diprediksi kemenangannya karena ada margin of error 2,9%. Lalu di urutan ketiga Anies-Chairul Tanjung (CT) 19,7%, dan undecided 23,2%.

Simulasi keempat, dia menyatakan, Prabowo-Erick 32,7%, Ganjar-RK 30,2% atau hanya beda tipis di bawah range margin of error, sementara Anies-Khofifah 20,2%, lalu undecided 16,9%.

“Anies kita bikin simulasi bergantian dengan Khofifah, AHY dan Chairul Tanjung. Kemudian Ganjar dengan Ridwan Kamil, Sandiaga Uno dan Erick Thohir, dan Prabowo dengan Airlangga, dengan Erick Thohir dan dengan Muhaimin Iskandar,” ujar Hanta.

Dijelaskan sebelumnya, populasi survei adalah seluruh WNI yang memiliki hak pilih, sampel menggunakan multistage random sampling dengan 1.220 responden, sehingga margin of error survei ini +- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka langsung dengan responden terpillih pada Februari, Maret dan April 2023. Surveyor mahasiswa yang mendapatkan pelatihan survei, validasi data membandingkan hasil survei data Badan Pusat Statistik (BPS) 2020.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut