get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Tony Gunawan Satu-satunya Pebulu Tangkis yang Juara Dunia dengan 2 Negara Berbeda

Senin, 24 April 2023 | 11:44 WIB
header img
Tony Gunawan bersama para pebulu tangkis Indonesia kala menyambangi pelatnas PBSI. (Foto: Instagram/@hendrasansan)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Menarik untuk dikulik kisah Tony Gunawan . Sebab, dia menjadi satu-satunya pebulu tangkis yang juara dunia dengan 2 negara berbeda, yakni Indonesia dan Amerika Serikat.

Ya, Tony Gunawan jadi salah satu sosok tersohor di dunia bulu tangkis. Sebab, prestasi ciamik sukses diukir pria kelahiran Surabaya, 9 April 1975 itu.

Salah satu prestasinya yang jadi sorotan adalah kesuksesan merebut gelar juara dunia. Bahkan, Tony Gunawan mengukir prestasi manis di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis tak hanya sekali, yakni sampai 2 kali!

Uniknya, Tony Gunawan meraih gelar juara dunia itu dengan status membela 2 negara berbeda. Pertama kali Tony Gunawan naik podium tertinggi di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis, yakni pada 2001.

Kala itu, ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis digelar di Spanyol. Dia pun sukses membawa harum nama Indonesia usai berjaya di babak final.

Di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2001, Tony bermain di sektor ganda putra bersama Halim Haryanto. Mereka pun sukses mengalahkan Ha Tae-kwon/Kim Dong-moon (Korea Selatan) dengan skor 15-0 dan 15-3.

Tony Gunawan kembali berhasil menyandang status sebagai juara dunia pada 2005. Namun kali ini, Tony tak membela Indonesia. Sebab, dia sudah resmi pindah kewarganegaraan dari Indonesia ke Amerika Serikat.

Tony yang turun di sektor ganda putra pun sukses tampil ciamik dengan pasangan barunya, yakni Howard Bach. Duet itu melaju ke final hingga sukses merebut gelar juara.

Kepastian menjadi juara didapat Tony/Howard usai mengalahkan wakil Indonesia, Candra Wijaya/Sigit Budiarto. Mereka menang dengan skor 15-11, 10-15, dan 15-11.

Dengan pencapaian itu, Tony Gunawan pun mengukir rekor tak biasa. Dia menjadi satu-satunya pebulu tangkis yang juara dunia dengan status 2 negara berbeda.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut