get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Macam-macam Penyakit Setelah Lebaran, Apa Saja? Simak Selengkapnya

Minggu, 23 April 2023 | 18:08 WIB
header img
Ilustrasi Penyakit Setelah Lebaran. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewskarawang.id – perayaan lebaran identik dengan momen berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara. Momen berkumpul saat lebaran biasanya selalu ditemani hidangan ala lebaran yang dimasak secara spesial. Namun saking sibuknya, hal itu justru kerap kali membuat kita kelelahan atau bahkan terlalu banyak makan, akibatnya penyakit pun bermunculan.

Bukan hanya karena kebanyakan makan, penyakit juga bisa muncul karena tubuh kelelahan. Nah apa saja penyakit yang timbul pasca Lebaran? Berikut pandangan para ahli.

Penyakit setelah Lebaran:
Ahli Epidemiologi dari Griffith University Australia, dr Dicky Budiman mengatakan umumnya orang yang habis perjalanan jauh akan mengalami penyakit pernafasan. Hal ini mengingat tengah merebaknya virus SARs-COV-2 (Covid-19) dengan gejala seperti flu dan batuk dan pilek. 

Kemudian, akan juga ada penyakit yang berkaitan dengan saluran cerna seperti diare dan tipes dan semacamnya. Penyakit terkait lambung uni adalah efek dari tidak mengontrol makanan saat Lebaran dan kurangnya istirahat.

"Terutama penyakit saluran pernafasan seperti Covid-19, Flu, dan ISPA. Infeksi saluran cerna seperti demam thyphoid atau gangguan pencernaan akibat pola makan yg mendadak berubah dan berlebihan," kata dr Dicky kepada wartawan belum lama ini. 

Senada dengan dr Dicky, dokter Spesialis Gizi dr Yohan Samudra mengatakan bahwa penyakit umum dialami pasca lebaran terkait saluran pencernaan dan penyakit infeksi pernafasan. Bahkan ada juga penyakit yang berkaitan dengan permasalahan otot dan sendi. 

"Sakit maag, diare, sakit kepala, nyeri sendi dan otot. Selain itu penyakit infeksi juga sering terutama anak-anak, karena saat Lebaran kumpul keluarga besar, seperti batuk pilek, jangan lupa juga Covid masih ada bahkan kasusnya sedang naik," kata dr Yohan 

Dokter Yohan mengimbau masyarakat tetap memperhatikan asupan dan jam istirahat selama momen libur Idulfitri ini. Apabila kondisi tidak baik, sebaiknya diperiksakan ke dokter. Dia menyarankan masyarakat mengimbangi asupan dengan sayuran dan buah. Sebab manfaat sayur dan buah tinggi serat dan mampu mengontrol gula darah.

"Tetap perhatikan asupan gizi, berperilaku bersih dan sehat, serta tahu kapan harus beristirahat dan mengenal kondisi-kondisi kapan harus ke dokter," katanya

Ditegaskan juga bahwa penyakit berkaitan dengan saluran pernapasan bisa dihindari dengan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) selama berkegiatan atau kumpul keluarga. Sementara penyakit sistem pencernaan bisa diatasi dengan mengontrol asupan selama Lebaran dan sesudahnya.

Itulah penjelasan tentang penyakit setelah Lebaran yang kerap disepelekan oleh banyak orang.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut