get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Hujan Meteor Lyrid Hiasi Malam Lebaran Mirip Debu Cahaya

Jum'at, 21 April 2023 | 21:23 WIB
header img
Ilustrasi (Antara)

JAKARTA,iNewskarawang.id - Sepanjang malam Lebaran 21-22 April 2023 para pecinta astronomi di Indonesia akan ditemani hujan meteor Lyrid. Masyarakat Indonesia bisa melihat dengan jelas hujan meteor tersebut apabila cuaca cerah.

Tulis Instagram Info astronomi dikutip Jumat (21/4/2023) menyebutkan sepanjang malam lebaran ini, 21-22 April 2023, "Kalau daerah kamu cerah, kamu berkesempatan melihat hujan meteor Lyrid yang akan mencapai puncak aktivitasnya," sebutnya. 

Nantinya akan ada banyak meteor per jam yang bisa diamati di langit malam ini. Namun, dengan catatan cuaca cerah dan lokasi pengamatan bebas polusi cahaya.

Hujan meteor lyrid terlihat cukup unik, karena menampilkan pemandangan seperti debu bercahaya yang dapat diamati selama beberapa detik. Pancaran meteor lyrid akan memunculkan 15 sampai 20 meteor setiap jam.

"Sesuai namanya, titik kemunculan hujan meteor ini adalah dari arah rasi bintang Lyra, yang terbit mulai jam 23.00 malam," demikian tulis Infoastronomy.

"Untuk Lyrid, titik radiannya adalah rasi bintang Lyra, yang akan terlihat di arah timur laut mulai pukul 23.00 malam waktu daerahmu," imbuh keterangan tersebut.

Dalam beberapa tahun, hujan meteor lyrid bisa menampilkan 100 meteor per jam sehingga terkadang disebut juga sebagai sebuah ledakan.

Tidak dapat dipastikan kapan lagi momen ini akan terjadi di masa depan, meski beberapa orang menganggap hal tersebut merupakan fenomena yang berkala.

Sebagaimana dilansir dari Space, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), lyrid berasal dari Komet Thatcher. Komet tersebut mengorbit Matahari setiap 415,5 tahun dan terakhir kali mencapai titik terdekatnya pada 1861 silam.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut