get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ganjar-Erick Bersaing Ketat dengan Prabowo-Muhaimin, Ini Hasil Survei PRC

Jum'at, 21 April 2023 | 21:18 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Hasil survei terbaru periode 1 hingga 18 April 2023 di seluruh wilayah Indonesia dikeluarkan oleh Politika Research & Counsulting (PRC).

PRC melakukan  surveinya  memasangkan sejumlah calon potensial capres dan cawapres untuk Pilpres 2024.

Menurut PRC, hasilnya, kandidat duet calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Erick Thohir bersaing ketat dengan pasangan Prabowo Subianto – Muhaimin Iskandar.

Dalam temuan terbaru dari PRC ini, dua pasangan tersebut juga berhadapan dengan duet Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Di mana peringkat teratas diperoleh duet Prabowo – Muhaimin dan Ganjar – Erick.

Keduanya hanya terpaut 0,8 persen dalam perolehan elektabilitas. Dalam potret elektabilitas Prabowo – Muhaimin mendapatkan angka 30,2 persen dan Ganjar – Erick di angka 29,4 persen.

“Dengan bacaan seperti ini, tentu kalau secara statistik, secara angka, perbedaannya tidak telampau signifikan terutama adalah Ganjar – Erick maupun duet Prabowo – Muhaimin,” terang Direktur Eksekutif PRC, Rio Proyogo, Jumat (21/04/2023).

Rio mengatakan pasangan yang berada di dalam survei PRC mengacu kepada peta koalisi yang sudah ada saat ini. Seperti diketahui, saat ini terdapat tiga koalisi yang sudah terbentuk.

Koalisi pertama adalah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PAN dan PPP. Koalisi kedua adalah Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) yang beranggotakan Gerindra dan PKB.

Kemudian terdapat Koalisi Perubahan yang anggotanya adalah NasDem, Demokrat dan PKS. Terdapat juga kemungkinan Koalisi Besar di Pilpres 2024 mendatang yang menggabungkan KIB dan KIR.

Dari berbagai koalisi ini menghasilkan simulasi Prabowo – Muhaimin, Ganjar – Erick dan Anies – AHY untuk bertarung di Pilpres 2024.

"Ini petanya, peta koalisi yang eksis pada hari ini ada Prabowo – Muhaimin, Ganjar – Erick dan Anies – AHY,” tutup Rio.

Tambahan informasi, survei terbaru dari PRC ini dilakukan pada periode 1 hingga 18 April di seluruh wilayah Indonesia. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan menggunakan metode multistage random sampling dan bersama 1.220 responden.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut