get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Bacaan Doa Ziarah Kubur 

Selasa, 18 April 2023 | 21:14 WIB
header img
Bacaan doa ziarah kubur lengkap Arab Latin dan artinya. (foto: Dispar Aceh)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Bacaan doa ziarah kubur lengkap Arab, Latin, dan artinya, dapat dikulik dalam artikel ini.

Ziarah kubur sering kali dilakukan sebelum puasa Ramadhan dan setelah Hari Raya Idul Fitri. Di beberapa daerah, kebiasaan ini bahkan dijadikan tradisi, di mana hari kedua Lebaran dijadikan momen untuk melakukan ziarah kubur.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menganjurkan untuk melakukan ziarah kubur. Tujuan dari ziarah kubur adalah agar umat manusia selalu mengingat kematian dan kehidupan kekal di akhirat nanti, sehingga dapat memperbanyak amal salih.

Terkait ziarah kubur, diriwayatkan dalam hadis dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنِّي كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمِ الْآخِرَةَ

"Dulu aku melarang kalian untuk ziarah kubur. Sekarang lakukanlah ziarah kubur, karena ziarah kubur mengingatkan kalian akan akhirat." (HR Ahmad nomor 1236 dan dishahihkan Syekh Syuaib Al Arnauth)

Dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فَزُورُوَا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكّركُمُ الـمَوتَ

"Lakukanlah ziarah kubur, karena ziarah kubur akan mengingatkan kalian tentang kematian." (HR Ibnu Hibban nomor 3169 dan sanadnya dinilai shahih oleh Syekh Syuaib Al Arnauth)

Untuk itu, ada baik bagi umat Muslim untuk mengetahui doa saat ziarah kubur. Agar dalam setiap langkah selalu atas ridho Allah SWT.

Dikutip dari laman Konsultasi Syariah, berikut ini bacaan doa ziarah kubur atau masuk kuburan, sebagaimana diajarkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Assalamu ’alaikum ahlad-diyaar minal mu’miniina wal muslimiin. Yarhamulloohul mustaqdimiina minnaa wal musta’khiriin. Wa inna insyaa alloohu bikum la-laahiquun wa as alullooha lanaa walakumul ‘aafiyah.

Artinya: "Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian."

Hadits ini diajarkan kepada Aisyah radhiyallahu ‘anha ketika beliau bertanya kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam tentang doa yang dibaca pada saat ziarah kubur (HR Ahmad nomor 25855, Muslim: 975, Ibnu Hibban: 7110, dan yang lainnya).

Bisa juga dengan bacaan yang lebih singkat:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam pernah mengunjungi kuburan. Kemudian beliau berdoa:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ

"Keselamatan untuk kalian, wahai penghuni rumah kaum mukminin. Kami insya Allah akan menyusul kalian." (HR Muslim nomor 249)

Waallahua'lam.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut