get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Nataru di Masa Pandemi, Volume Penumpang KAI Terpantau Normal

Senin, 03 Januari 2022 | 21:57 WIB
header img
Penumpang KAI terpantau normal pada saat Nataru. (Foto: iNews Karawang/Boby)

Karawang, iNews.id - Jumlah volume keberangkatan pada hari kerja atau weekday di masa pandemi setelah PPKM diturunkan, keberangkatan pengguna jasa KA pada Senin, 3 Januari 2022 dari area Daop 1 Jakarta terpantau normal.

Secara keseluruhan, operasional Nataru di masa pandemi tahun ini berjalan kondusif dan lancar. Volume penumpang berangkat dan datang tidak mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun lalu.

 "Jika dibandingkan Nataru tahun 2019 sebelum kondisi pandemi, volume penumpang mengalami penurunan sekitar 60  hingga 70 persen,"ungkap Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Senin (03/01/2022).

Dijelaskanya, PT KAI Daop 1 Jakarta terus melakukan peningkatan layanan untuk membantu calon pengguna jasa memenuhi persyaratan terkait protokol kesehatan saat akan menggunakan jasa kereta api untuk beraktivitas.

Ia menyampaikan lebih lanjut, seperti dari Stasiun Pasar Senen untuk hari ini terdapat sekitar 4.000 pengguna dengan operasional KA sebanyak 20 perjalanan, lalu dari Stasiun Gambir terdapat sekitar 2.400 pengguna dengan operasional KA sebanyak 29 perjalanan.

"Kedatangan secara total hari ini terdapat sekitar 13 ribu pengguna yang tiba di area Daop 1 Jakarta,"jelasnya.

Menurut Eva, seluruh pengguna KA yang datang dan berangkat dipastikan telah memenuhi persyaratan Vaksin, pemeriksaan Covid 19 Antigen atau RT-PCR dengan hasil negatif, dan kondisi sehat melalui pemeriksaan suhu tubuh di Stasiun keberangkatan.

Namun jika ada penumpang yang persyaratannya tidak dapat dipenuhi, tentunya perjalanan dapat dibatalkan dengan pengembalian bea tiket penuh.

Ditambahkan, ketentuan pembatalan tiket dengan penggantian 100 persen sebagai berikut:
1. Proses pembatalan dapat dilakukan selambatnya 3 hari ke depan (H+3) dari jadwal keberangkatan
2. Pembatalan dilakukan di loket stasiun atau Contact Center (CC) 121
3. Untuk pembatalan di loket bea tiket dikembalikan secara tunai
4. Untuk pembatalan melalui CC 121 bea tiket dikembalikan melalui sistem transfer bank dengan proses 14 hari

Disebutkan, saat ini ada 5 lokasi layanan Antigen di area Daop 1 Jakarta , berikut daftarnya :
- Stasiun Gambir: 06.00 sd 21.00 WIB
- Stasiun Pasarsenen: 05.00 sd 22.30 WIB
- Stasiun Bekasi: 09.00 sd 18.00 WIB
- Stasiun Karawang: 08.30 sd 17.30 WIB
- Stasiun Cikampek: 09.30 sd 18.30 WIB

Sementara Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Social media @keretaapikita @kai121 .

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut