get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Menjadi Perbincangan ! Menara Saidah Bekas Kantor Apa? Ini Sejarahnya

Selasa, 04 April 2023 | 21:51 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Menara yang terletak di di Jalan MT Haryono, Jakarta terlihat sudah lama kosong bertahun-tahun. Sebelum ditinggalkan, Menara Saidah berfungsi sebagai pusat perkantoran.

Kini masih menjadi perbincangan Menara Saidah berkas kantor apa? Ini sejarahnya dan penjelasan lengkapnya.

Perlu diketahui Menara Saidah dibangun pada tahun 1995 sampai 1997 oleh kontraktor PT Hutama Karya. Sebelumnya gedung ini dikenal dengan nama Menara Drassindo. Dahulu Menara Saidah bekas kantor Kementerian Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia dan kantor Sekretariat Panitia Pemilihan Umum (PPU) tahun 1999.

Menara Saidah terdiri dari 24 lantai, 2 basement, dan 2 semi basement. Biaya pembangunan gedung ini menghabiskan dana mencapai Rp 100 miliar pada masa itu. Pada mulanya Menara Saidah merupakan milik PT Mustika Ratu atas nama Mooryati Sudibyo.

Kemudian kepemilikan gedung berpindah ke tangan anak kelima keluarga Saidah Abu Bakar Ibrahim yaitu Fahmi Setiawan melalui pelelangan pada tahun 1995.

Gedung tersebut mengalami banyak perombakan dan renovasi. Fahmi Setiawan juga menambah beberapa lantai. Peresmian Menara Saidah dilakukan pada tahun 2001.

Setelah Fahmi Setiawan meninggal, gedung ini berpindah tangan ke Fahmi Darmawansyah.

Menara Saidah tutup pada tahun 2007. Faktor keamanan menjadi alasan ditutupnya banguan tersebut. Konstruksi Menara Saidah miring dan tidak tegak membahayakan keselamatan penghuni gedung.

Sejak awal konstruksi gedung sudah bermasalah. Namun, Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) tidak memberikan penjelasan apapun. Hingga pada tahun 2012 gedung itu diserahkan kepada Polisi Sektor Cawang, Jakarta Timur untuk dilakukan pengawasan.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut