get app
inews
Aa Read Next : Panglima TNI Sebut Hoaks soal 10 WNI Jadi Tentara Bayaran di Ukraina

Rusia Jebak Jet Tempur Ukraina dalam Pertempuran Maut, Begini Caranya! 

Selasa, 04 April 2023 | 20:04 WIB
header img
Pilot tempur Kiev ungkap taktik jebakan militer Rusia untuk menyergap jet tempur Ukraina dalam pertempuran mematikan. Foto/REUTERS/File Photo

KIEV, iNewsKarawang.id - Seorang pilot tempur terkemuka Kiev, Kolonel Volodymyr Logachov. Voroshylov mengungkap,  dalam pertempuran mematikan, Militer Rusia menggunakan taktik perangkap untuk menyergap jet tempur Ukraina . 

Ia menceritakan bagaimana setiap hari semakin sulit untuk menahan agresi Rusia menggunakan pesawat Soviet yang sudah ketinggalan zaman saat dia memohon kepada Barat untuk mengirim jet tempur F-16. 

Mayor Voroshylov, yang dalam jeda langka dari garis depan bertemu dengan The Telegraph, memperingatkan: “Rusia mengubah taktik sepanjang waktu, sehingga perang tidak stabil. Mereka membuat jebakan. Mereka mengirim jet Rusia sendirian, menipu pilot Ukraina dengan berpikir hanya ada satu jet. Kemudian, dua atau tiga lagi muncul di kedua sisinya, secara efektif mengerumuni pesawat Ukraina.”

Karena pilot Ukraina terus menerbangkan MiG-29 era Soviet, dia menekankan bahwa dia dan rekan-rekannya tidak dapat melakukan apa pun selain bertahan di medan perang. Menurutnya, memusnahkan pilot-pilot Rusia yang menerbangkan jet tempur superioritas udara modern Sukhoi Su-35 dan pengebom Su-34 terbukti sulit. “Saat ini, kami hanya dapat menahan musuh tetapi dengan F-16 kami dapat mengontrol lapangan terbang, serta laut dan darat untuk melindungi infanteri,” katanya, yang dilansir Senin (3/4/2023). “Kami membutuhkan lebih banyak pesawat modern untuk menjadi lebih baik dari musuh.” Ukraina telah mengajukan permohonan untuk mendapatkan jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat, yang telah beroperasi lebih dari 3.000 di seluruh dunia.

Pesawat multi-peran yang terbukti dalam pertempuran itu telah di-upgrade selama bertahun-tahun, termasuk beberapa dengan teknologi generasi kelima seperti radar canggih. Namun, Presiden AS Joe Biden baru-baru ini mengatakan dia tidak ingin memasok pesawat tempur F-16 ke Kiev untuk saat ini, yang mendorong Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak untuk memberikan jet tempur Typhoon. Pada bulan Februari, PM Sunak menginstruksikan Kementerian Pertahanan untuk memeriksa pesawat Inggris mana yang dapat diberikan kepada Ukraina, meskipun Sunak memperingatkan bahwa perlu waktu tiga tahun untuk melatih seorang pilot.

Kerangka waktu itu adalah sesuatu yang diperdebatkan oleh Mayor Voroshylov dan rekannya Kolonel Volodymyr Lohachov—kepala departemen penerbangan Komando Angkatan Udara Ukraina. “Diperlukan kurang dari enam bulan untuk berlatih dengan jet semacam itu,” kata Kolonel Lohachov. “Selama kita terus menunggu, kita akan kehilangan lebih banyak pilot. Kami memiliki daftar pilot tercanggih yang dapat dilatih menggunakan F-16 dan sayangnya, beberapa dari mereka telah tewas dalam aksi.” Dalam beberapa minggu terakhir, negara-negara anggota NATO di Eropa Timur telah mulai mentransfer jet tempur lama Soviet untuk pertama kalinya, dengan janji dari Barat bahwa model yang lebih baru akan disediakan sebagai gantinya. Slovenia dan Polandia sama-sama mengirim jet tempur MiG dari stok lama mereka, tetapi beberapa hanya berguna untuk suku cadang. Meskipun kurangnya janji atas jet tempur Barat yang lebih canggih, pilot Ukraina tetap optimistis.

Sebagian besar pilot dan insinyur tingkat lanjut sudah menjalani pelajaran bahasa Inggris intensif sehingga mereka dapat memahami instruktur mereka jika tiba waktunya untuk dilatih dengan jet tempur Barat. Ini terlepas dari petunjuk dari London bahwa Ukraina tidak akan menerima jet tempur Inggris sampai perang usai.

Ini bukanlah sesuatu yang ingin dihibur oleh Kolonel Lohachov. “Agar efektif di udara, jet harus memiliki radar modern dan rudal udara-ke-udara,” jelasnya. “Radar pada jet Rusia sekitar empat kali lebih baik dari yang kita miliki dan mereka dapat melihat lebih jauh. Selain itu, rudal Rusia secara signifikan lebih mampu daripada rudal Soviet kita. Itu semakin berbahaya. Kadang-kadang kita bahkan tidak dapat melihat bahwa Rusia telah meluncurkan misil, yang sangat berbahaya

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut