get app
inews
Aa Read Next : Duh, Calon Bupati Karawang Datang Ke KPU Menggunakan Mobil Mewah Kemplang Pajak

Serabi Hijau, Makanan Khas Karawang yang Penuh Cita Rasa

Senin, 03 April 2023 | 11:28 WIB
header img
Serabi Hijau, Makanan Khas Karawang (Foto: iNewsKarawang.id/Boby)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Salah satu makanan khas Karawang yang cukup terkenal adalah Surabi Hijau. Makanan tersebut sudah lama dikenal masyarakat sebagai makanan khas yang selalu dinikmati dalam berbagai acara.

Terlebih pada saat bulan puasa Ramadhan, warga membeli sorabi hijau untuk berbuka puasa harus menunggu antrean yang panjang. Bahkan warga rela membeli sorabi hijau siang hari, jauh sebelum buka puasa, agar tidak kehabisan.

Sebagaimana diketahui Sorabi Hijau sudah masuk dalam warisan budaya tak benda (WBTB) Indonesia. Jadi kalau berkunjung ke Karawang, Sorabi Hijau merupakan kuliner yang wajib di makan.

Tentunya sorabi hijau memiliki perbedaan  dengan sorabi pada umumnya.  Sebab kalau ditempat lain sorabi berwarna putih, tapi sorabi hijau, selain rasanya manis memiliki warna hijaunya berasal dari daun suji. 

Bagi pembeli bisa memilih  varian rasa sorabi hijau  mulai dari rasa manis gula jawa hingga rasa durian. Bentuknya sorabi hijau sama dengan sorabi lainnya, hanya warnanya saja hijau. Cara makannya pun gampang tinggal dicocol pakai gula merah atau durian.

Sorabi hijau banyak di jual disejumlah tempat di Karawang. Hanya beberapa tempat saja yang terkenal seperti di wilayah Kecamatan Rengasdengklok. Sorabi Hijau Rengasdengklok ini begitu terkenal hingga sering digunakan Pemkab Karawang sebagai oleh-oleh untuk para tamu yang datang ke Karawang. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dengan bangga menjelaskan makanan khas Karawang ini kepada setiap tamunya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut