get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Di Bawah Bayang-bayang Perang,  Warga Gaza Sambut Ramadan Penuh Gembira 

Minggu, 26 Maret 2023 | 08:31 WIB
header img
Warga Jalur Gaza, Palestina, berbelanja dekorasi menyambut bulan Ramadan di bawah bayang-bayang perang. Foto/The New Arab

JALUR GAZA, iNewsKarawang.id - Dalam menyambut bulan suci Ramadan yang dimulai pada Kamis lalu merupakan untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama, daerah kantong pantai Palestina yang terkepung dihiasi dengan lampu warna-warni dan lentera besar 
 
Seperti jalan-jalan dan pasar, serta mal-mal besar, penuh sesak di Jalur Gaza dengan penduduk setempat yang berbondong-bondong untuk membeli makanan, dekorasi, lentera, dan manisan untuk mempersiapkan sahur dan buka puasa.

Terlihat kebahagiaan di wajah penduduk setempat yang bertukar ucapan selamat atas Ramadan, sementara anak-anak bergegas menuju bulan sabit besar berwarna untuk mengambil foto di depan mereka.

Seorang wanita lokal yang berbasis di Gaza, Reem al-Naji mengatakan, selama bertahun-tahun, penduduk di daerah kantong pesisir pantai yang miskin dan dilanda perang itu dilarang merayakan bulan Ramadan karena perang Israel. “Kami sangat merindukan suasana gembira ini. Kami membutuhkan saat-saat kebahagiaan ini, meskipun itu berumur pendek,” kata ibu empat anak berusia 42 tahun itu seperti dikutip dari The New Arab, Sabtu (25/3/2023). 

Untuk membuat anak-anaknya lebih bahagia, Reem membawa mereka ke berbagai pasar selama beberapa hari untuk membeli dekorasi dan makanan Ramadan. “Walaupun harga barang sangat mahal, tidak masalah selama saya bisa melihat senyum di wajah anak-anak saya,” ucapnya.

Marwa Salama, seorang wanita paruh baya dari kota Khan Younis di selatan Gaza, telah menemukan jalannya ke pasar umum di daerahnya setelah bertahun-tahun tidak pergi ke sana.

Baik saya maupun anak-anak saya tidak mampu membeli dekorasi Ramadan selama bertahun-tahun. Tapi situasinya telah berubah sejak putra saya yang lebih besar sekarang bekerja di pemerintahan,” kata pria berusia 52 tahun itu kepada The New Arab dengan senyum di wajahnya. “Saya terkejut dan sangat senang melihat begitu banyak orang di pasar membeli barang-barang dan dalam suasana perayaan,” tambahnya sambil membayar uang kepada pedagang lentera.

Sepanjang masa persiapan Ramadan, tanda-tanda kepuasan tampak jelas bagi para pedagang lokal, yang memuji persentase penjualan yang tinggi, sesuatu yang tidak terlihat di tahun-tahun sebelumnya. “Tampaknya orang-orang merindukan kegembiraan yang sangat mereka rindukan karena perang Israel yang berulang di Jalur Gaza,” kata Salim al-Dayya, seorang pedagang dekorasi dan lentera, kepada The New Arab. “Walaupun saya takut mengalami kerugian finansial, saya sangat senang telah menjual lebih dari 95 persen barang yang telah ditimbun selama bertahun-tahun,” ia menambahkan.

Dalam upaya untuk menyebarkan kegembiraan di antara tetangganya, Mohammed al-Saedi, seorang penduduk kota Gaza, memutuskan untuk berinisiatif dengan mengecat dinding luar rumahnya serta 50 lainnya di lingkungannya dengan warna yang indah. “Saya meluncurkan inisiatif pribadi saya untuk mengecat dinding rumah dengan nuansa cerah dan menggambar gambar lentera Ramadan untuk membuat anak-anak bahagia, dalam upaya untuk mengubah gambaran kehancuran yang melekat di benak mereka,” kata pria berusia 54 tahun itu ke The New Arab.

Bahkan, katanya, generasi baru anak-anak Gaza terhalang untuk merasakan ritual Ramadan yang sebenarnya. “Saya berharap setiap orang tua dapat memikul tanggung jawabnya terhadap komunitasnya dan anak-anak untuk meningkatkan konsep perayaan keagamaan mereka dengan menerapkan inisiatif, meskipun bersifat individu, yang berkontribusi untuk menyebarkan kohesi komunitas mereka,” ia menjelaskan

Namun, warga Palestina takut akan pecahnya perang dengan pendudukan Israel selama bulan Ramadan, mengingat meningkatnya perang pernyataan dan pesan antara faksi perlawanan Palestina dan negara pendudukan. Tayseer Muheisen, seorang analis politik yang berbasis di Gaza, percaya bahwa pernyataan Marwan Issa baru-baru ini, seorang mayor jenderal Brigade al-Qassam, sayap bersenjata Hamas, mengandung indikasi bahwa suasana dapat berubah dan mungkin akan terjadi ko

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut