get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Amerika Serikat Diguncang Jamur Candida Auris ! Terinfeksi Tembus 2 Ribu, CDC: Efek Pandemi Covid

Jum'at, 24 Maret 2023 | 17:03 WIB
header img
Strain jamur Candida Auris, (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Kini Amerika Serikat tengah jadi sorotan dunia. Pasalnya negara Paman Sam tersebut tengah menghadapi ribuan kasusinfeksi jamurCandida Auris yang  Terdeteksi, saat ini dilaporkan sudah menembus lebih dari 2 ribu kasus.

"Merebaknya kasus infeksijamur Candida Auris ini sebagai salah satu efek pandemi Covid-19," sebut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Dikutip dariReuters,Jumat (24/3/2023), 
CDC mencatat penyebaran infeksi ini tahun 2021, kemungkinan diperburuk karena sistem layanan kesehatan dilanda kesulitan terkait pandemi, seperti kekurangan staf dan peralatan kesehatan.

Berdasarkan laman resmi CDC, kasus infeksi jamur yang terkonfirmasi sudah sampai 2.377. angka kasus dinilai meningkat tajam dari 53 kasus pada tahun 2016, tahun ketika kasus pertama kali dilaporkan di negara Paman Sam tersebut.

Dari laporan para peneliti yang melaporkan di Annals of Internal Medicine, seiring berjalannya waktu, prevelansi kasus pun terus meningkat. Tahun 2019 meningkat 44 persen menjadi 476 kasus, kemudian melonjak 59 persen menjadi 756 pada 2020 dan melesat hingga 95 persen menjadi 1.471 kasus di tahun 2021.

Sebagai informasi, Candida auris (C. auris) sendiri merupakan ragi, keluarga jamur yang mengandung spesies sangat membantu manusia dalam aktivitas seperti pembuatan roti dan pembuatan bir, tetapi juga menampilkan spesies yang menyebabkan infeksi pada manusia.

Namun, jika seseorang terinfeksi C. auris maka seringnya bisa menyebabkan infeksi aliran darah, mempengaruhi sistem pernafasan, sistem saraf pusat dan organ dalam, serta kulit.

Infeksi ini biasanya cukup serius, diungkap Dr. Tina Joshi, profesor biologi molekuler di University of Plymouth, Inggris, mengingat jamur jenis ini seringkali kebal terhadap obat biasa, yang akhrinya membuat infeksi sulit diobati.

"Masalah terbesar dengan jamur ini adalah resistensinya terhadap obat yang kita miliki," kata Dr. Tina, dikutip dari BBC.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut