get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Unsika Siapkan Lulusan Sarjana Unggul di Era Digital Melalui Kurikulum MBKM

Kamis, 30 Desember 2021 | 11:30 WIB
header img
Pemberian plakat penghargaan secara simbolis dari Rektor Unsika Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., ACPA., CA. kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Dr. Ir. Paristiyanti Nurwadani. (Foto: iNews Karawang/Muhtar Galuh Ardian)

KARAWANG, iNews.id - Unsika (Universitas Singaperbangsa Karawang) bakal menerapkan konsep ABCD. Hal tersebut sebagai bentuk komitmen pelaksanaan kurikulum MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka).

Seperti diketahui, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melakukan transformasi pendidikan melalui kebijakan MBKM. Salah satu programnya adalah hak belajar tiga semester di luar program studi dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dan lulusan pendidikan tinggi.

"Magang, studi/proyek independen, penelitian, kewirausahaan, mengajar di sekolah, pertukaran mahasiswa, membangun desa, proyek kemanusiaan, dan bela negara merupakan sembilan bentuk MBKM," kata Rektor Unsika Prof. Sri Mulyani.

Masih kata Rektor, Unsika di bawah tim kewareksatuan sedang mempersiapkan konsep ABCD (Artificial Inteligence/AI), Blockchain (B), Cloud Computing (C), dan Data Analytics (D) sebagai bagian dari mata kuliah wajib.

"Saya yakin konsep ABCD akan mampu mendukung perkembangan pelaksanaan MBKM di era digital karena tidak ada satupun aktivitas MBKM yang tidak terkait dengan digitalisasi,"ungkapnya.

Guna memberikan pemahaman yang tepat dan memotivasi seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan untuk aktif dalam kegiatan MBKM, Unsika menggelar kuliah umum dengan tema "Penerapan Kampus Merdeka di Era Digital Guna Mencapai Unsika yang Inovatif, Kompetitif, dan Unggul", Rabu (29/12).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan undangan terbatas di aula Unsika dan dihadiri oleh ribuan mahasiswa, dosen, dan tenaga pendidikan Unsika melalui daring.

Tidak hanya dihadiri mahasiswa Unsika, kegiatan ini juga dihadiri oleh mahasiswa inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang berasal dari berbagai perguruan tinggi.

Kegiatan ini mengundang Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Dr. Paristiyanti Nurwadani sebagai pemateri.

Tidak hanya memberikan apresiasi atas prestasi yang mampu dicapai oleh Unsika, Sesdirjendikti juga mengajak seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan Unsika untuk bersatu dalam menjalankan MBKM dapat menjadi perguruan tinggi yang inovatif, kompetitif, dan unggul.


“Saya sangat yakin dari kegiatan kuliah umum pagi ini, akan semakin menjamin bahwa Unsika jaya, kini, masa depan, dan selamanya,” ungkapnya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut