get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Profile Nomo Koeswoyo, Musisi Senior yang Dikenal Lewat Koes Bersaudara

Sabtu, 18 Maret 2023 | 18:25 WIB
header img
Nomo Koeswoyo. (Foto: Instagram/@koesnomo_koeswoyo)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Bagi industri hiburan Tanah Air, kepergian Nomo Koeswoyo,
 sang musisi tentunya menyisakan duka yang mendalam, terlebih penggemar Koes Bersaudara.

Diketahui Nomo wafat di usia 85 tahun di Magelang, Jawa Tengah, pada 15 Maret 2023 malam. Jenazahnya kemudian dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan pada Kamis (16/3/2023).

Ia merupakan anak kelima dari sembilan bersaudara keturunan pasangan Raden Koeswoyo dan Rr. Atmini.Pemilik nama lengkap Koesnomo Koswoyo ini lahir pada 21 Januari 1938 di Tuban, Jawa Timur. 

Nomo adalah adik dari Tonny Koeswoyo dan kakak dari Yon dan Yok Koeswoyo. Mereka disebut-sebut sebagai generasi ke 7 keturunan salah satu walisanga, Sunan Muria di Tuban, Jawa Timur.

Setelah menghabiskan masa kecil di kota kelahiran, Nomo dan keluarga pindah ke Jakarta pada 1952. Mereka tinggal di ibukota hingga sang ayah pensiun dari kariernya sebagai pegawai di Kementerian Dalam Negeri.

Di Jakarta, Nomo bersekolah di SMP XI dan SMA Taman Madya. Ia kemudian memutuskan merantau ke Surabaya hingga ke Belawan, Sumatera Utara, dan melakukan pekerjaan buruh kasar.

Selepas merantau, Nomo bergabung dengan grup band yang dibentuk saudaranya, Kus Brothers yang dibentuk pada 1958. Semua personelnya kebanyakan berasal dari keluraga sendiri.

Jon Koeswoyo, Tonny Koeswoyo, Nomo Koeswoyo, Yon Koeswoyo, dan Yok Koeswoyo. Ada juga dari luar keluarga Koeswoyo yakni Jan Mintaraga sebagai gitaris dan Tommy Darmo sebagai gitaris juga awalnya.

Seiring berjalannya waktu, Jon Koeswoyo yang merupakan kakak tertua memutuskan keluar karena sudah berumah tangga. Mereka mengganti nama menjadi Koes Bersaudara.

Sayangnya, intrik dalam tubuh grup musik tak terelakkan meski Nomo dan lainnya bersaudara. Terjadi pergolakan karena Nomo yang punya jiwa pengusaha bersikeras agar saudaranya yang lain punya pekerjaan lain di samping musik.

Nomo meninggalkan posisinya sebagai penabuh drum pada 1969. Saat itu dia sudah menikah dengan Francise Loen atau Fatimah Francisca dan baru dikaruniai satu putri, yakni Chicha Koeswoyo.

Meski demikian, karier Nomo sebagai pengusaha sangat menonjol. Tetap kecintaannya pada musik membuat dia kembali membentuk grup musik No Koes dengan lima orang lain pada 1973.

Biodata dan Agama Nomo Koeswoyo

Nama Lengkap: Koesnomo Koeswoyo

Nama Panggilan: Nomo, Nom

Tempat Tanggal Lahir: Tuban, Jawa Timur, 21 Januari 1938.

Orangtua: Raden Koeswoyo dan Rr Atmini.

Agama: Islam

Profesi: Musisi, pengusaha, produser

Istri: Francise Loen (meninggal pada 18 Desember 2002)

Anak: Chicha Koeswoyo,

Hellen Koeswoyo, dan Reza Wicaksono Koeswoyo

Meninggal: 15 Maret 2023

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut