get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Jelang Ramadhan 2023, Ini Batas Waktu Bayar Utang Puasa Tahun Lalu

Jum'at, 17 Maret 2023 | 21:07 WIB
header img
Jelang Ramadhan 2023 (foto: ilustrasi)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Waktu awal qadha puasa Ramadhan jika meninggalkan dengan udzur syar'i sejatinya dapat dilakukan mulai tanggal 2 Syawal hingga batasnya bulan Ramadhan tahun berikutnya. Namun patut diingat bahwa ada hari-hari yang diharamkan puasa.

Hari-hari itu harus dihindari menjalankan qadha puasa Ramadhan. Masing-masing adalah dua hari raya yaitu tanggal 1 Syawal (Idul Fitri) dan 10 Dzulhijjah (Idul Adha), serta tiga hari tasyriq pada 11, 12, 13 Dzulhijjah.

Adapun waktu akhir qadha puasa Ramadhan maka tidak ada batasan waktu sahnya qadha. Namun yang diwajibkan adalah sebelum bulan Ramadhan berikutnya.

"Dibolehkan menunda qadha sampai bulan Sya'ban sebelum Ramadhan berikutnya. Hanya saja lebih cepat lebih afdhal, kecuali terdapat udzur syar'i," jelas dai muda Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray.

Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu’anha berkata:

كَانَ يَكُونُ عَلَيَّ الصَّوْمُ مِنْ رَمَضَانَ، فَمَا أَسْتَطِيعُ أَنْ أَقْضِيَ إِلَّا فِي شَعْبَانَ

"Aku pernah memiliki kewajiban qadha puasa Ramadhan, maka aku tidak bisa meng-qadha kecuali di bulan Sya'ban." (HR Bukhari dan Muslim)

Akan tetapi yang dibolehkan untuk menunda qadha puasa Ramadhan sampai bulan Sya'ban hanyalah yang tidak berpuasa karena udzur. Adapun yang tidak memiliki udzur, wajib segera meng-qadha setelah bulan Ramadhan. 

Awal Ramadhan 2023

Berdasarkan kalender Islam 1444 Hijriah, bulan Ramadhan tahun ini diprediksi jatuh pada tanggal 23 Maret 2023 Masehi. Sementara Idul Fitri 1 Syawal 1444H jatuh pada Jumat 21 April 2023M. Hal itu sebagaimana hasil hisab hakiki wujudul hilal dari PP Muhammadiyah.

Jadi terhitung hari ini, Jumat (3/3/2023), sekira 20 hari lagi umat Islam akan bertemu dengan bulan Ramadhan 1444H.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penetapan awal bulan Ramadhan maupun hari raya Idul Fitri akan dilakukan pemerintah melalui sidang isbat. Namun belum diketahui kapan Kementerian Agama akan menggelar sidang tersebut.

Bulan Ramadhan 2023 tinggal beberapa hari lagi, kaum Muslimin pun sudah bisa mulai mempersiapkan diri menyambut bulan mulia ini. Persiapan dilakukan supaya dapat memanfaatkan bulan Ramadhan dengan sebaik mungkin dan meraih keberkahan setinggi-tingginya.

Demikian penjelasan mengenai perkiraan awal bulan puasa tahun ini berdasarkan metode hilal yang dilakukan Muhammadiyah, NU, dan pemerintah dalam menentukan tanggal 1 Ramadhan 2023.

Allahu a'lam bissawab. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut