get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

10 Cara Mengatasi Bibir Kering secara Alami, Praktis dan Manjur!

Rabu, 08 Maret 2023 | 09:42 WIB
header img
10 Cara Mengatasi Bibir Kering (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Ada 10 cara mengatasi bibir kering yang bisa Anda lakukan di rumah. Sama dengan bibir pecah-pecah, masalah ini bisa menganggu penampilan.

Penyebab bibir kering bisa karena banyak faktor termasuk cuaca yang terlalu dingin dan kering. Bibir kering bisa juga karena Anda mengalami dehidrasi. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Berikut 10 cara mengatasi bibir kering yang dirangkum dari Timesofindia, Senin (6/9/2021).

1 Petroleum jelly

Petroleum jelly merupakan bahan utama yang digunakan untuk lip balm karena dapat membantu memberi kulit pelindung kelembapan.

Namun petroleum jelly bersifat oklusif, yang berarti hanya akan melindungi bibir Anda dari kehilangan kelembapan, bukan memberikan kelembapan itu sendiri. Cara terbaik menggunakan petroleum jelly untuk bibir pecah-pecah adalah dengan:

-Oleskan lip balm terlebih dahulu, untuk memberikan kelembapan pada bibir Anda.

- Kunci kelembapan dengan lapisan petroleum jelly.

Dalam kasus yang jarang terjadi, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap petroleum jelly. Jika Anda mengalami pembengkakan atau perih saat menggunakannya, kemungkinan ada alergi dan harus segera menghentikan penggunaan.

2. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman sukulen yang menghasilkan gel pelembab. Ia bekerja dengan menarik uap air dari udara ke permukaan kulit. Ini membantu menjaga bibir Anda terhidrasi dan mencegahnya mengering.

Lidah buaya juga mengandung molekul yang disebut polisakarida, yang membantu kelembapan mengikat kulit dan menjaga bibir tetap terhidrasi. Ini sangat membantu untuk bibir pecah-pecah karena polisakarida mendorong kulit untuk menghasilkan sel-sel baru yang membantu luka sembuh dengan cepat.

3.Madu

Madu adalah obat yang bagus untuk bibir pecah-pecah karena bersifat humektan, artinya madu menarik kelembapan dari udara ke dalam bibir.

Madu juga dikenal karena sifat penyembuhannya dan dapat membantu meredakan luka dan retakan yang disebabkan oleh bibir pecah-pecah.

Selain itu, madu memiliki sifat antibakteri yang mencegah terkena infeksi dari retakan dan luka ini, ungkap Konstantin Vasyukevich, MD, ahli bedah plastik wajah bersertifikat ganda, dan ahli perawatan kulit, yang berafiliasi dengan Beth Israel Medical Center dan Jacobi Medical Center.

"Madu bekerja sebagai eksfoliator ringan dan dapat membantu menghilangkan kulit kering dan mati dari bibir," kata Vasyukevich.

Berikut cara menggunakan madu untuk melembapkan bibir:

- Gunakan jari yang bersih atau kapas untuk mengoleskan lapisan tipis pada bibir.

- Biarkan selama 20 hingga 30 menit lalu bersihkan.

Madu itu manis, jadi tahan keinginan untuk menjilatnya, karena ini hanya akan memperburuk bibir pecah-pecah. Cara yang bagus untuk menghindari ini adalah dengan menerapkannya sebelum tidur, dan membiarkannya semalaman.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut