get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Siapa Sosok Sahabat Dekat Nabi yang Sangat Ditakuti oleh Setan ?

Senin, 06 Maret 2023 | 14:18 WIB
header img
Ilustrasi sosok sahabat dekat Nabi yang sangat ditakuti oleh setan. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Jika bertemu dengan sosok sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang satu ini sangat Ditakuti oleh Setan
Bahkan, setan dan jin lari terbirit-birit 

Sebagaimana diketahui setan berjanji kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala ingin menyesatkan umat manusia. Mereka memiliki beragam cara untuk memperdaya manusia. Setan dan jin akan selalu membisikkan manusia untuk melakukan maksiat.

Bukan berarti setan tidak takut kepada manusia. Ada satu manusia yaitu sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang sangat mereka takuti.

Umar bin Khattab Radhiyallahu anhu adalah sosok sahabat dekat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang sangat ditakuti oleh setan.

Beliau adalah khalifah kedua yang berkuasa setelah Abu Bakar Ash-Shiddiq pada tahun 634–644 Masehi. Umar bin Khattab juga termasuk dalam Khulafaur Rasyidin. 

Sebelum mendapat petunjuk, Umar bin Khattab adalah sosok yang sangat menentang Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Beliau sangat membenci Rasulullah dan memecah persatuan masyarakat Makkah.

Masyarakat Quraisy yang tinggal di Makkah sangat menghormati serta takut kepada Umar bin Khattab. Selain dihormati, Umar bin Khattab juga terkenal sebagai sosok yang pemberani dan keras.

Umar bin Khattab masuk Islam setelah mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam membaca Surat Al Haqqah.

Beliau juga berperan penting dalam menyebarkan dakwah Islam secara terang-terangan. Seluruh hidupnya dicurahkan untuk membela Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabda perihal setan yang takut kepada Umar bin Khattab:

إن الشيطان يفرق من عمر بن الخطاب

Artinya: "Sesungguhnya setan lari ketakutan jika bertemu Umar." (HR Ibnu 'Asakir)

Selain itu terdapat hadits dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang menggambarkan betapa menakutkannya Umar bin Khattab:

"Wahai Ibnu Al-Khaththab, demi Allah yang jiwaku berada dalam genggaman tangan-Nya, sesungguhnya tidaklah setan menemuimu sedang berjalan di suatu jalan kecuali dia akan mencari jalan lain yang tidak engkau lalui." 

Dalam hadits riwayat Imam At-Tirmidzi, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam juga bersabda: "Sungguh aku melihat setan dari kalangan manusia dan jin lari dari umar." (HR Tirmidzi)

Terdapat tiga alasan mengapa Umar bin Khattab menjadi sosok sahabat dekat Nabi yang sangat ditakuti oleh setan. Alasan pertama karena Umar merupakan sosok yang kuat secara fisik maupun iman.

Kedua, Umar bin Khattab merupakan sosok yang rendah hati. Kewibawaannya membuat ia sangat disegani. Alasan ketiga karena Umar merupakan sabat yang sangat dicintai Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Wallahu a'lam bisshawab. 

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut