get app
inews
Aa Read Next : Jika. Lupa Membayar Zakat Fitrah, Ini Hukumnya !

Suami Tolak Ajakan Istri untuk Berhubungan Intim, Buya Yahya : Dia Dosa!

Sabtu, 04 Maret 2023 | 21:27 WIB
header img
Suami Tolak Ajakan Istri untuk Berhubungan Intim, Buya Yahya : Dia Dosa! (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Tahukah Anda, menurut pandangan ajaran islam, tidak hanya istri yang akan mendapatkan dosa jika menolak ajakan suami untuk berhubungan intim. Melainkan suami juga bisa berdosa jika menolak ajakan istri.

Hal tersebut disampaikan oleh Pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon Kiai Haji Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya.

Pada tausiyah nya tersebut, dirinya menjelaskan jika suami menolak berhubungan intim dengan istri tanpa ada udzur atau halangan, maka suami tersebut akan mendapat dosa, karena termasuk melantarkan istrinya.

"Jadi kalau suami tidak mau menggauli istri tanpa ada udzur, di akhirat dia dosa. Tapi tidak bisa menuntut di mahkamah dalam hal ini, kecuali baru nanti bisa menuntut di mahkamah kalau suami tidak mau menggauli istrinya tanpa ada udzur sampai empat bulan," jelas Buya Yahya, seperti dikutip dari kanal YouTube Al Bahjah TV, Kamis (9/12/2021).

Lebih lanjut lagi, ia juga menjelaskan jarak hari yang baik untuk berhubungan intim suami istri agar tetap harmonis.

"Ibnu Hazm mengatakan satu bulan, kalau satu bulan sudah. Imam Al Ghazali mengimbau empat hari sekali, paling akhir adalah empat bulan," tutur Buya Yahya.

Ia turut menuturkan hal yang harus dilakukan istri jika tidak mendapatkan nafkah batin seperti hubungan intim dengan suami di dalam jangka waktu tertentu.

"Kalau ada seorang suami, tidak memberikan nafkah batin lebih dari empat bulan kepada istrinya, maka istri berhak mengangkat ke mahkamah," tutur Buya Yahya.

Terakhir, Buya Yahya mengingatkan agar pasangan suami istri rutin melakukan hubungan intim supaya tidak terbuka pintu setan masuk ke hubungan rumah tangga. Sebab, ini bisa menyebabkan perzinaan ataupun perselingkuhan.

Wallahu a'lam bishawab.

Link : https://muslim.okezone.com/amp/2021/12/09/330/2514448/hukum-suami-menolak-ajakan-istri-berhubungan-intim-ini-kata-buya-yahya?page=2

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut