get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Waduh, Nenek Murni Jemaah asal Wonosobo Kabur selama Sebulan dengan Pria Bangladesh saat Umroh 

Jum'at, 03 Maret 2023 | 09:39 WIB
header img
Ilustrasi jemaah hajindan umrah. Foto: Okezone

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Murni (61) jamaah asal Wonosobo, Jawa Tengah  berhasil dipulangkan ke Indonesia setelah kabur selama sebulan saat tengah menjalankan kegiatan ibadah umrah.

Saat itu, Murni daftar untuk mengikuti ibadah umrah paket 11 hari ke Tanah Suci dan berangkat bersama rombongan pada 1 Februari 2023 lalu,"kata Pemilik PT. Firdaus Mulia Abadi Tour, Tri Winarto yang menceritakan kronologi kaburnya Murni.

"Sebulan yang lalu dia mendaftar umrah kepada PT. Firdaus Mulia Abadi. Orang ini berasal dari Wonosobo mengikuti umrah paket 11 hari,"kata Tri kepada MNC Portal, Jumat (3/3/2023).

Namun pada hari ketiga, Murni tiba-tiba meninggalkan rombongan umrahnya. Lalu saat diselidiki melalui CCTV hotel, Murni ternyata kabur bersama laki-laki berkebangsaan Bangladesh.

"Hingga waktu pulang tanggal 11 Februari 2023, orang ini (Murni) tidak menampakkan diri. Itu tentu membuat kebingungan kami selaku penyelenggara dan mitra kami muassasah,"kata dia.

Kaburnya Murni menyebabkan pihak muassasah menghadapi blacklist dan denda dari pemerintah Arab Saudi yang kurang lebih senilai Rp250 juta. Setelah sebulan pencarian yang bekerja sama dengan berbagai pihak baik keluarga maupun Arab Saudi, akhirnya Murni ditemukan.

"Setelah kita temukan orang Bangladesh ini, dia berjanji menyerahkan Murni ini kepada muassasah kita di Saudi. Akhirnya orang ini kita pulangkan ke Indonesia pada Rabu (1/3/),"ujarnya.

Dengan adanya kejadian ini, menjadi pelajaran bagi semua pihak travel umrah untuk lebih detail dan teliti terhadap jamaah-jamaah umrah yang akan melaksanakan umrah. Sehingga tidak adanya lagi penyalahgunaan kegiatan ibadah umrah untuk kabur dan tinggal di Arab Saudi.

"Tentu merepotkan kita, sehingga solusinya perlu ada perjanjian antara travel dengan jamaah umrah agar tidak kabur ke luar negeri,"tutupnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut