get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Dua Bayi di Karawang Alami Gizi Buruk, Bukti Kemiskinan Ekstream?

Kamis, 02 Maret 2023 | 16:18 WIB
header img
Bayi gizi buruk Karawang (Foto: iNewsKarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Ditemukan kembali dua kasus bayi kurang gizi di Kabupaten Karawang. Dua kasus bayi kurang gizi tersebut ditemukan di Desa Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

Saat di konfirmasi, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Karawang, Nurmala Hasanah membenarkan adanya temuan kasus bayi kurang gizi. Dikatakannya juga, Bayi tersebut berinisial M.R berusia 5 bulan dan balita berinisial F berusia 2 tahun.

"Untuk keduanya ada di Desa Kalangsari Kec Rengasdengklok. Walaupun keduanya tertera di KK bukan warga Desa Kalangsari. Tapi keduanya memang warga Kab Karawang," kata Nurmala, Kamis,(2/3/2023)

Selain itu, dirinya juga mengatakan bahwa latar belakang orangtua kedua balita merupakan pekerja harian lepas dan kedua balita ini mempunyai penyakit penyerta.


Bayi alami gizi buruk (Foto: iNewsKarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)
 
"Untuk MR, bayi ini memiliki penyakit penyerta Atresia Bilier dan F memiliki penyakit penyerta meningitis TB dan Cerebral palsy," ungkapnya

Nurmala juga menuturkan bahwa, sejak ditemukannya kasus bayi kurang gizi itu, pihaknya langsung melakukan intervensi bersama pihak Puskesmas Kalangsari.

"Kita langsung elakukan validasi dan verifikasi Berat Badan dan Panjang Badan, Tatalaksana kasus dengan pemberian PKMK dan melakukan pendampingan rujukan serta perawatan di RSUD Karawang," tuturnya.

Dikatakannya juga, saat ini kedua balita tersebut sudah berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang untuk pemeriksaan lanjutan.

"Hari ini keduanya sedang dibawa ke RS untuk pemeriksaan lanjutan. Didampingi tim Puskesmas Kalangsari bersama tim lintas sektor," pungkasnya

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut