get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

7 Cara Cepat Menghafal, Wajib Dicoba!

Sabtu, 25 Februari 2023 | 09:51 WIB
header img
Ilustrasi kemampuan cepat menghafal. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Mempunyai kemampuan menghafal merupakan suatu hal yang dimiliki oleh manusia. Aktivitas menghafal tergantung pada kemampuan daya ingat untuk merekam suatu hal, tulisan, atau informasi lain yang diperoleh.

Salah satu faktor penting dalam menghafal dengan cepat adalah melakukan pengulangan secara teratur. Selain itu, untuk dapat menghafal dengan baik, diperlukan konsentrasi yang tinggi dan juga proses belajar yang efektif.

Membuat lingkungan yang sesuai dengan preferensi individu dapat berdampak besar terhadap kegiatan menghafal. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali kecenderungan kita sendiri dan menemukan cara menghafal yang cocok.

Berikut ini tujuh cara yang bisa diterapkan supaya cepat menghafal, seperti dirangkum dari Lifehack, Kamis (14/1/2021).

1.    Persiapan

Persiapan untuk kegiatan menghafal biasanya dilakukan dengan memperhatikan lingkungan sekitar. Meskipun umumnya membutuhkan area yang tenang dan hening, namun bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing individu. Sebagian orang mungkin merasa lebih efektif untuk melakukannya di tempat umum. Selain itu, minum teh hijau dapat menjadi salah satu cara alami untuk meningkatkan daya ingat.

2.    Merekam dan mendingarkan ulang

Penggunaan rekaman dapat menjadi metode yang efektif bagi mereka yang memiliki kemampuan menghafal auditori. Terutama saat mempelajari bahasa asing yang sulit atau pidato. Kemudian, penting untuk mendengarkannya kembali.

3.    Menulis ulang

Sebelum benar-benar menghafal, dapat dilakukan dengan menuliskan berulang-ulang apa yang harus diingat. Hal ini akan membantu pelajar visual terbiasa sehingga dapat mempercepat kemampuan menghafal.

4.    Memisah tulisan

Masih berhubungan dengan pelajar visual. Metode ini bisa dilakukan terutama saat menggunakan kode warna untuk membedakan setiap informasi yang perlu dihafal.

5.    Pengulangan kumulatif

Ini tentunya berlaku pada hafalan teks. Pengulangan adalah cara yang paling tepat. Coba mengingatnya sedikit demi sedikit tanpa melihat. Lalu terus tambahkan informasi baru ke apa yang baru saja dihafal.

6.    Ajarkan pada seseorang

Menurut penelitian, mengajarkan informasi kepada seseorang adalah cara yang pasti untuk mengingatnya karena mengharuskan mengambil ingatan dari diri sendiri. Jika tidak ada orang yang bisa diajarkan, cobalah melakukannya di depan cermin.

7.    Istirahat

Sesudah menghafal semuanya, manjakanlah pikiran dengan beristirahat. Lakukan dalam waktu singkat dengan pergi ke suasana baru.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut