get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Hari Ini Bharada E Dijadwalkan Jalani Sidang Komisi Kode Etik Polri

Rabu, 22 Februari 2023 | 15:06 WIB
header img
Bharada E (Foto : Antara)

JAKARTA,iNewsKarawang.id - Hari ini, Rabu (22/2/2023) Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E dijadwalkan akan menjalani sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP).

"Iya, hari ini sidang KKEP Bharada E," kata Ramadhan saat dikonfirmasi.

Pantauan MNC Portal di lapangan, sejak pukul 09.30 WIB, belum ada tanda-tanda Richard menyambangi Gedung TNCC Mabes Polri. Namun, sejumlah awak media telah berkumpul.

Sejunlah peronel kepolisian juga telah bersiaga di depan Gedung TNCC Mabes Polri.

Diketahui sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah buka suara terkait sidang KKEP Richard Eliezer.

Ia emastikan menggelar KKEP untuk Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal Wibowo, dan Irjen Pol Teddy Minahasa. KKEP Bharada E dan Ricky Rizal terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir J, sedangkan Teddy Minahasa terkait kasus peredaran narkotika jenis sabu.

"Iya (pasti disidang etik). Tidak mungkin namanya sidang etik dihilangkan, tinggal pelaksanaannya kapan," kata Kapolri kepada wartawan, kemarin.

Saat ini Polri sedang menyusun tim KKEP bagi terdakwa Ricky Rizal dan Richard Eliezer. Dalam hal ini, Kapolri akan mempertimbangkan seluruh aspek meringankan bagi para terdakwa tersebut.

"Seperti saya sampaikan bahwa kami akan mempertimbangkan semua aspek yang meringankan maupun untuk hal-hal lain yang tentunya, semuanya akan hitung," katanya.

"Itu kewenangannya nanti ada di Komisi Kode Etik," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyatakan, Polri akan mempertimbangkan status justice collaborator (JC) terkait pelaksanaan sidang KKEP Bharada Richard Eliezer. Sidang KKEP untuk menentukan status keanggotaan Bharada E akan berjalan sesuai aturan dan ketentuan.

"Tentunya berdasarkan PP 1 Tahun 2003, kemudian PP Nomor 7 Tahun 2022, nanti ada mekanismenya sidang KKEP," katanya, Kamis 16 Februari 2023.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut