get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Negara Mana Saja yang Mendirikan FIFA?

Minggu, 19 Februari 2023 | 19:49 WIB
header img
FIFA menaungi federasi sepakbola di seluruh dunia (Foto: FIFA Media)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Ada tujuh negara pendiri FIFA, yaitu Belgia, Denmark, Prancis, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

FIFA atau Federasi Sepakbola Internasional adalah singkatan dari Federation Internationale de Football Association dalam bahasa Prancis. FIFA berfungsi sebagai badan pengendali internasional yang mengawasi semua organisasi sepakbola di seluruh dunia.

Sekarang, FIFA memiliki kantor pusat di Zurich, Swiss, dengan anggota asosiasi sebanyak 211. Organisasi ini didirikan pada tanggal 21 Mei 1904 di Paris dan merayakan ulang tahun ke-100 pada tahun 2004.

Robert Guerin, seorang wartawan olahraga, memimpin pendirian FIFA pada awalnya dan menjadi presiden pertama selama dua tahun pada 1904-1906. Keterlibatan Guerin dalam aktivitas sepakbola disebabkan oleh profesinya sebagai wartawan olahraga.

Robert Guerin took the initiative to gather 7 football associations in Europe to create FIFA's Constitution and statutes. These seven associations were Belgium, Denmark, France, the Netherlands, Spain, Sweden, and Switzerland.

Setelah itu, ketujuh negara asosiasi sepakbola sepakat untuk membuat Undang-Undang Dasar dan statuta FIFA yang pertama. Dengan demikian, FIFA terbentuk sebagai badan pengendali atau induk organisasi sepakbola di seluruh dunia

Tujuan utama pembentukan FIFA adalah untuk mempromosikan permainan sepakbola, membina persahabatan antara asosiasi sepakbola nasional, menyusun peraturan dan ketentuan serta memastikan penegakannya, dan mengatur sepakbola profesional secara global.

FIFA memiliki tanggung jawab untuk mengatur transfer pemain internasional, memberikan penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA, dan merilis Peringkat Dunia FIFA bulanan. Selain itu, organisasi ini juga bertanggung jawab untuk mengembangkan ilmu keolahragaan dan menyelenggarakan kompetisi sepakbola global.

FIFA secara berkala mengadakan turnamen sepak bola Piala Dunia setiap empat tahun sekali, yang pertama kali diadakan pada tahun 1930 di Uruguay. Pada saat itu, hanya 13 tim yang berpartisipasi pada turnamen tersebut.

Jules Rimet, presiden FIFA ketiga, menjadi pionir dalam penyelenggaraan Piala Dunia setelah terinspirasi oleh kesuksesan kompetisi sepak bola di Olimpiade. Pertandingan Piala Dunia pertama digelar pada tahun 1930 di Uruguay dan sejak itu diselenggarakan secara rutin setiap empat tahun sekali oleh FIFA. Namun, penyelenggaraan Piala Dunia pada tahun 1942 dan 1946 ditunda karena dampak dari Perang Dunia II.

Artikel ini telah diterbitkan pada (https://bola.okezone.com/read/2023/02/19/51/2767680/siapa-saja-negara-pendiri-fifa?page=2)

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut