get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Apa Saja 4 Hadits Menjelaskan tentang Keberkahan di Bulan Ramadhan

Minggu, 19 Februari 2023 | 15:16 WIB
header img
4 Hadits Menjelaskan tentang Keberkahan di Bulan Ramadhan (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Dilansir laman Rumaysho, dai muda asal Yogyakarta Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc mengungkapkan bulan Ramadhan begitu banyak kebaikan ukhrowi yang diperoleh umat Islam. Di antaranya dengan menjalankan puasa Ramadhan akan mendapat pengampunan dosa yang telah lalu.

Sebagaimana diketahui Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, artinya mendatangkan banyak kebaikan. Kebaikan yang diperoleh setiap Muslim pada bulan Ramadhan bisa meliputi ukhrowi dan duniawi.

Keberkahan lainnya adalah dalam menjalankan sholat malam (tarawih). Itu juga adalah sebab pengampunan dosa. Begitu pula pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari 1.000 bulan, yaitu lailatul qadar. Inilah di antara keberkahan ukhrowi yang bisa diperoleh.

Nah, berikut hadits-hadits tentang keberkahan di bulan Ramadhan yang bisa menjadi motivasi kaum Muslimin memperbanyak amal salih:

1. Pintu kebaikan dimudahkan pada bulan Ramadhan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِى مُنَادٍ يَا بَاغِىَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ وَيَا بَاغِىَ الشَّرِّ أَقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

"Pada malam pertama bulan Ramadhan setan-setan dan jin-jin yang jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pun pintu yang terbuka dan pintu-pintu surga dibuka, tidak ada satu pun pintu yang tertutup, ketika itu ada yang menyeru: 'Wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan/maksiat berhentilah.' Allah memiliki hamba-hamba yang selamat dari api neraka pada setiap malam di bulan Ramadhan." (HR Tirmidzi nomor 682 dan Ibnu Majah: 1642. Syekh Al Albani mengatakan hadits ini shahih)

2. Dosa-dosa diampuni

Dalam beberapa amalan pada bulan Ramadhan, bisa temukan ada pengampunan dosa. Di antaranya adalah ibadah puasa. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni." (HR Bukhari nomor 38 dan Muslim: 760) 

3. Sholat menggugurkan dosa

Begitu pula pada amalan sholat tarawih, di dalamnya juga terdapat kebaikan menggugurkan dosa. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barang siapa melakukan qiyam Ramadhan (sholat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR Bukhari nomor 37 dan Muslim: 759)

4. Keberkahan melimpah pada lailatul qadar

Setiap Muslim yang menghidupkan malam lailatul qadar dengan amalan sholat juga akan mendapat pengampunan dosa sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barang siapa melaksanakan sholat pada lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR Bukhari nomor 1901)

Wallahu a'lam bisshawab. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut