get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Apa Sih Dampak dan Manfaatnya Suka Berbicara Sendiri? Ini Jawabanya 

Sabtu, 18 Februari 2023 | 11:57 WIB
header img
Ilustrasi bicara sendiri (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsKarawang.is - Studi mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki kebiasaan suka berbicara sendiri bisa berdampak negatif dan positif, meskipun berbicara kepada diri sendiri atau self talk memang terdengar konyol. 

Mungkin saja percakapan yang Anda buat dengan diri sendiri dapat berdampak pada tingkat stres Anda, daya ingat, dan yang lainnya.

Diketahui self-talk dapat membangkitkan mood atau sebaliknya. Studi menunjukkan bahwa alam sadar atau mood diri berbicara tergantung pada kepribadian masing-masing individu, dan juga cara berpikir positif dapat menjadi alat manajemen stres yang efektif. Ahli kesehatan mental menyatakan bahwa optimis memiliki kualitas hidup yang lebih baik

Sebenarnya cara self-talk yang positif dapat memiliki efek positif pada kehidupan Anda dan membantu meningkatkan diri Anda sebagai pribadi. Sementara itu, self-talk negatif dapat memiliki dampak negatif pada hidup Anda

Dalam kata sederhana, self-talk adalah sesuatu yang Anda lakukan secara alami sepanjang hari selama Anda tersadar, dimana self-talk yang positif dapat dianggap sebagai alat yang ampuh untuk mengangkat rasa percaya diri Anda dan membantu mengekangan emosi negatif.

Apa manfaat self-talk positif?

Para peneliti terus mengeksplorasi efek dari self-talk positif pada keseluruhan kesehatan dan mentalitas seorang individu. Melansir Boldsky, self-talk positif dapat membantu membangun pandangan positif tentang kehidupan yang dapat memiliki manfaat sebagai berikut:

- Mengurangi tingkat stres

- Meningkatkan vitalitas

- Mempromosikan kepuasan mental dan emosional

- Meningkatkan kesejahteraan fisik

- Meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan

- Meningkatkan konsentrasi yang lebih baik

- Meningkatkan keterampilan

Dalam perspektif Kesehatan, self-talk positif dikatakan memiliki manfaat kesehatan berikut:

- Peningkatan fungsi kekebalan tubuh

- Kesehatan kardiovaskular yang lebih baik dan mengurangi risiko kematian dari penyakit kardiovaskular

- Tingkat penurunan depresi mengurangi tingkat rasa sakit

Studi menunjukkan bahwa orang yang mengikuti self-talk yang positif mungkin memiliki keterampilan mental yang memungkinkan mereka untuk memecahkan masalah lebih efisien dan efektif. Self-talk yang positif adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membantu mengelola tingkat stres Anda sendiri.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut