get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

7 Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Al Mulk, Pahalanya Luar Biasa Besar!

Sabtu, 11 Februari 2023 | 11:05 WIB
header img
7 Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Al Mulk, Pahalanya Luar Biasa Besar ( Foto ilustrasi)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - 7 keutamaan dan manfaat membaca Surat Al Mulk. Surat Al Mulk sendiri memiliki arti "Kerajaan". Berada di urutan ke-67 dalam kitab suci Alquran, surat ini berisi 30 ayat.

Surat Al Mulk termasuk golongan Makkiyyah atau turun kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ketika berada di Kota Makkah, Arab Saudi.

Surat Al Mulk dapat dibaca kapan saja. Al Mulk merupakan satu dari empat surat dalam Alquran yang dianjurkan untuk dihafalkan. Membacanya akan memberikan banyak keutamaan, berikut ini tujuh di antaranya.

1. Pembela bagi pembacanya hingga masuk surga

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabda:

«سُورَةٌ فِي الْقُرْآنِ خَاصَمَتْ عَنْ صَاحِبِهَا حَتَّى أَدْخَلَتْهُ الْجَنَّةَ: تَبارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ»

Artinya: "Ada suatu surat yang membela pembacanya hingga memasukkannya ke dalam surga, yaitu Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku."

2. Penyelamat siksa kubur

Rais Syuriah PBNU KH Bahauddin Nursalim (Gus Baha) mengatakan keutamaan Surat Al Mulk akan menyelamatkan dan menolak adzab atau siksa kubur bagi yang menghafalkannya atau yang membacanya.

"Riwayat yang sahih itu Surat Tabarok sebagai pelindung siksa kubur. Surat ini juga disebut surat mani'ah yang menjaga dan al munjiah yang menyelamatkan siksa," ujar dai yang akrab disapa Gus Baha ini dalam kajian tafsir Surat Al Mulk.

3. Dianjurkan dihafalkan 

Gus Baha mengatakan, dikarenakan keutamaan Surat Tabarok yakni Surat Al Mulk, Nabi Shallallahu alaihi wassallam meminta umatnya menghafal Surat Al Mulk atau Tabarok.

Nabi Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

«لَوَدِدْتُ أَنَّهَا فِي قَلْبِ كُلِّ إِنْسَانٍ مِنْ أُمَّتِي»

Artinya: Sungguh aku menginginkan bila surat ini dihafal di dalam kalbu setiap umatku. 

4. Penangkal siksa kubur 

Ibnu Abbas mengatakan bahwa salah seorang sahabat Nabi Shallallahu alaihi wassallam membuat tenda di dekat sebuah kuburan, padahal ia tidak mengetahui bahwa tempat itu adalah kuburan. Tiba-tiba ia menyadari bahwa itu adalah kuburan seseorang, ia mendengarnya sedang membaca Surat Al Mulk hingga khatam.

Maka ia datang kepada Nabi Shallallahu alaihi wassallam dan bertanya, "Wahai Rasulullah, aku telah memasang tendaku di dekat sebuah kuburan, sedangkan aku tidak menyadari bahwa tempat itu adalah kuburan. Tiba-tiba kudengar dari dalamnya seseorang membaca surat Al-Mulk sampai selesai."

Maka Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

«هِيَ الْمَانِعَةُ هِيَ الْمُنْجِيَةُ تُنْجِيهِ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ»

Artinya: "Itu adalah surat penangkal dan juga penyelamat yang menyelamatkan pembacanya dari siksa kubur."

5. Dapat 70 kebaikan

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Turmuzi. Dia berkata dari Jabir radhiyallahu anhu, "Bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam masih belum tidur sebelum membaca Alif Lam Mim Tanzil dan Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku. Abu Laits As-Samarqandhi telah meriwayatkan dari Tawus bahwa kedua surat tersebut mengungguli semua surat dalam Alquran dengan 70 kebaikan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut