get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Jembatannya Terputus, Terpaksa Ibu Hamil Ditandu Warga Sebrangi Arus Sungai di Garut

Kamis, 02 Februari 2023 | 21:01 WIB
header img
Ibu hamil ditandu menembus sungai (Foto: Tangkapan layar/Fani Ferdiansyah)

GARUT,iNewsKarawang.id - Seorang ibu hamil tengah ditandu menyeberangi Sungai Cirompang. Ibu tersebut diketahui hendak melahirkan. Videonya sangat mengharukan viral.Kabarnya peristiwa itu  direkam pada Senin 30 Januari 2023 pagi. 

Warga terpaksa menembus arus air sungai karena jembatannya terputus akibat luapan arus pada 20 Januari 2023.

Diketahui Ibu hamil yang ditandu itu  bernama Siti Sopiah (35), warga Kampung Wangun, Desa Gunamekar, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Saat ini, ibu tersebut selamat dan melahirkan bayi mungilnya.

Menurut Otan (40), suami Siti Sopiah, dirinya terpaksa menandu istrinya karena jembatan yang biasa digunakan warga menyeberang tidak bisa digunakan.

"Situasinya darurat untuk keselamatan isteri dan bayi saya. Kemudian, ditandu untuk menyebrangi sungai dengan turun langsung karena jembatan terputus," ujar Otan, Rabu (1/2/2023).

Perjuangannya Otan tak sia-sia. Istrinya bisa melahirkan dengan selamat. Petugas medis pun memastikan kondisi ibu dan bayinya dalam keadaan sehat.

"Alhamdulillah anak dan isteri saya selamat," ujarnya.

Tenaga kesehatan yang membantu proses persalinan Siti Sopiah,

Bidan Riska, tenaga kesehatan yang menangani Siti Sopiah mengatakan, sebelumnya telah menangani Siti Sopiah, namun karena kondisinya yang akan melahirkan dan tak ada kemajuan dalam proses persalinan, ia merujuknya.

Riska mengaku merujuk Siti Sopiah ke instalasi medis terdekat melalui Desa Jagabaya, Kecamatan Mekarmukti. Namun, memang lokasinya terletak di seberang sungai.

"Sehari sebelumnya saya ke rumah ibu bersalin (Siti Sopiah) pada pukul 18.00 WIB, saya pantau semalaman rupanya tidak ada perkembangan, hingga akhirnya diputuskan untuk dievakuasi menggunakan tandu pada pukul 08.00 WIB pagi," ujar Bidan Riska.

Sementara Wakil Bupati Garut Helmi Budiman turut buka suara. Ia mengaku akan menyiapkan sejumlah opsi terbaik untuk membantu warga yang terdampak jembatan putus di Desa Gunamekar, Kecamatan Bungbulang.

Informasi mengenai ibu hamil yang ditandu saat menyeberangi sungai telah ia terima. "Kejadian viral ibu hamil menyeberang sambil ditandu sudah saya dengar. Saya sangat bersyukur, bayi dan sang ibu sehat, selamat," ucap Helmi Budiman di Gedung DPRD Kabupaten Garut.

Helim menyampaikan keprihatinannya atas terputusnya jembatan yang biasa digunakan warga untuk melintas. Ia berjanji akan melakukan pendataan terkait solusi darurat yang dihadapi masyarakat di Desa Gunamekar.

"Mudah-mudahan bisa diproses secepatnya. Dikarenakan pembangunan jembatan lumayan akan mengeluarkan biaya yang cukup besar, saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati," pungkas Helmi.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut