get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Doa Buka Puasa Senin Kamis Sesuai Ajaran Rasulullah Lengkap Artinya

Selasa, 31 Januari 2023 | 18:26 WIB
header img
Ilustrasi membaca doa buka puasa Senin Kamis sesuai ajaran Rasulullah. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Doa buka puasa Senin Kamis sesuai ajaran Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berikut ini sangat penting dipahami. Doa ini diajarkan Nabi Muhammad untuk dibaca ketika buka puasa Ramadhan, puasa Senin Kamis, atau puasa sunnah lainnya.

Doa pertama yang dibaca yaitu membaca Bismillah yang artinya "Dengan menyebut nama Allah". Doa kedua, seperti diriwayatkan Ibnu Umar Radhiallahu 'anhu, ia berkata:

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

"Biasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam jika berbuka Beliau berdoa: Dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah (Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah)." (HR Abu Dawud nomor 2357, An-Nasa'i: 3315, dishahihkan Syekh Al Albani dalam kitab Shahih Abi Dawud)

Disitat dari Muslim.or.id, ada arti yang sangat baik di balik doa berbuka puasa tersebut. Umat Islam diajarkan selalu bersyukur karena masih bisa berpuasa sekaligus menikmati waktu berbuka saat azan Sholat Maghrib berkumandang.

Berbuka puasa adalah salah satu waktu yang paling bahagia bagi umat Islam. Sebagaimana dalam riwayat hadis, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

للصائم فرحتان : فرحة عند فطره ، وفرحة عند لقاء ربه

"Orang yang puasa mendapatkan dua kebahagiaan bahagia saat berbuka, dan bahagia saat bertemu dengan Rabb-nya." (Muttafaq 'alaihi) 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut