Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara, Jika Dialami Segera Periksa sebelum Terlambat

Iqbal Maulana Bachtiar
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 15:12 WIB
Ilustrasi. (Foto: ist)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat, salah satunya di Indonesia. Bahkan menurut data dari Kementerian Kesehatan, tercatat sebanyak 2,3 juta perempuan di dunia didiagnosis kanker payudara.

Sayangnya, keganasan dari kanker tersebut kerap dianggap sepele oleh sebagian orang. Bahkan, 70% pasien kanker baru memeriksakan diri ke rumah sakit pada saat stadium akhir. Padahal banyak cara untuk mencegah kanker payudara sejak dini.

Seperti yang diungkapkan oleh Dokter Spesialis Radiologi RSUD Karawang, Ines Noviani, penyakit kanker payudara dapat terdeteksi sejak dini dengan melakukan screening.

"Sebenarnya kalau yang disarankan itu usia 40 tahun sudah harus melakukan screening rutin tahunan terutama untuk orang-orang yang memiliki resiko tinggi atau yang pernah di diagnosa pernah mengalami kanker payudara di satu sisi," ujarnya, Selasa,(24/1/2023)

Lanjutnya, Ia juga mengatakan bahwa faktor yang paling beresiko penyebab timbulnya penyakit kanker bisa berasal dari perokok pasif, makanan. 

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini