get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ternyata ini 8 Penyebab Munculnya Stretch Mark, Yuk Simak

Jum'at, 20 Januari 2023 | 17:38 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Apakah Anda memiliki stretch mark pada tubuh? Tidak perlu khawatir, stretch mark tidak akan mengganggu kesehatan, namun stretch mark serinkali membuat seseorang kurang percaya diri terutama bagi kaum hawa. Saat ingin menggunakan pakaian yang menunjukkan bagian kulit tertentu seperti perut, paha seringkali merasa tidak nyaman jika memiliki stretch mark.

Kemunculan stretch mark biasanya terjadi di paha, pinggul, payudara, perut, punggung bawah, bokong serta lengan. Stretch mark dapat terjadi seiring menurunnya elastisitas kulit lantaran bertambahnya usia.

Berikut penyebab-penyebab stretch mark yang dilansir dari Klik Dokter, Jumat (20/1/2023):

Pubertas

Pubertas adalah fase pertumbuhan normal bagi laki-laki dan perempuan menjelang dewasa. Saat pubertas, biasanya remaja akan mengalami pertambahan berat dan tinggi badan. Pertambahan berat dan tinggi badan bisa menyebabkan timbulnya garis halus atau stretch mark di kulit. Kondisi ini terjadi karena kulit pada tubuh meregang seiring pertumbuhan tubuh yang cepat.

Kondisi Medis

Terdapat beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab stretch mark, misalnya sindrom Marfan dan sindrom Cushing. Sindrom Marfan bisa menyebabkan turunnya elastisitas kulit. Sementara, sindrom Cushing menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak hormon, sehingga berat badan tidak terkontrol dan kulit lebih rentan. Akibat dua penyakit ini, penderitanya bisa mengalami stretch mark pada kulit.

Kehamilan

Menurut British Journal of General Practice, antara 50-90 persen ibu hamil memiliki stretch mark selama hamil ataupun setelah melahirkan. Stretch mark disebabkan oleh kehamilan akibat perubahan hormon saat hamil yang memengaruhi kulit. Lapisan kulit tengah (dermis) meregang dan pecah di beberapa bagian, sehingga menimbulkan stretch mark.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut