get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ngemis Online di TikTok Diusut Bareskrim Polri

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:11 WIB
header img
Dit Tipidsiber Bareskrim Polri saat jumpa pers (foto: MPI/Putera)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Konten ngemis online di media sosial platform Tiktok, dengan pemeran kaum lanjut usia (lansia) diusut Direktorat Tindak Pidana Siber (Dit Tipidsiber) Bareskrim Polri.

Dir Tipidsiber Bareskrim Polri, Brigjen Adi Vivid Agustiadi Bachtiar dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (19/1/2023) mengatakan,  pemeriksaan yang dilakukan dari nenek tadi yang dilakukan pemeriksaan, menurutnya nenek tadi tidak menjadi korban karena dia bagian dari pada konten kreator.

"Kita mengusut adanya unsur pidana apabila nanti diketemukan fakta bahwa kaum lansia tersebut menerima perlakuan eksploitasi dari konten kreator itu," ujarnya. 

Adi Vivid melanjutkan, beda lagi kalau nanti ditemukan kalau nenek ini sebagai korban, bahwa dia dipaksa, dia kedinginan, sampai salah satu konten si nenek menyebut ingin pipis tapi tidak boleh pipis disitu. "Nah itu kita harus ini, jadi kami mengimbau bila ada jadi korban segera laporan," terangnya. 

Disisi lain, dalam waktu dekat akan memeriksa konten kreator terkait dengan maraknya fenomena ngemis online di media sosial platform Tiktok. Namun, Polisi tidak mengungkap identitas konten kreator yang akan dipanggil terkait konten tersebut.

"Nah oleh karena itu dalam waktu dekat kami akan melakukan pemanggilan kepada konten kreator yang membuat kreator," ujar Adi Vivid.

Adi Vivid mengungkapkan bahwa, pihaknya telah melakukan identifikasi terkait dengan fenomena ngemis online itu. Menurutnya, peristiwa itu terjadi pada wilayah hukum Polda NTB.

Peristiwa yang dimaksud adalah ngemis online dengan menampilkan seorang lansia yang hingga mandi lumpur demi mendapatkan saweran dari netizen

"Kemudian Dirkrimsus Polda NTB sudah mengutus anggotanya ke sana, dan si nenek sudah dilakukan pemeriksaan, ternyata nenek bagian dari konten kreator, jadi nenek itu berperan seolah sebagai korban, seolah-olah kedinginan," ucap Adi Vivid.

Dari hasil identifikasi tersebut, Adi Vivid menegaskan bahwa, nenek tersebut menjadi korban eksploitasi dari konten kreator yang hanya memiliki kepentingan untuk konten semata.

"Yang menurut kami tidak pas, yang mengeksloitasi kelemahan seseorang, nenek, kami akan menggandeng Komnas Perempuab untuk mengimbau kepada rekan-rekan, pada saat ini kami juga mengimbau rekan konten kreator untuk menyetop membuat kreator seperti itu karena itu tidak baik, kedepannya sangat tidak baik," pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut