get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Sang Kakak Sering Cemburu dengan Adiknya? Begini 6 Tips Mengatasinya

Jum'at, 13 Januari 2023 | 17:13 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Pernahkah bunda dan ayah merasakan kecemburuan kakak terhadap adiknya? Hal ini seringkali terjadi saat orang tua melahirkan anak kedua saat anak pertamanya berusia muda. Bagaimana tipsnya agar sang kakak tidak cemburuan terhadap adiknya? Orang tua sudah seharusnya melakukan beberapa hal untuk mencegah hal tersebut.

Namun, para orang tua sebaiknya tidak memaksa sang kakak untuk berubah setelah kehadiran sang adik. Justru sebaiknya orang tua menunjukkan rasa cinta sepenuhnya seperti dahulu sebelum memiliki adik dan sebaiknya hindari hal-hal yang mungkin membuat sang kakak cemburu.

Berikut ulasan mengenai tips mengatasi rasa cemburu sang kakak terhadap adiknya yang telah dilansir dari beberapa sumber:

1. Jangan panik ketika si kecil mendekati bayi

Meskipun anak kecil tidak tahu selemah apa pun bayi, dia tidak akan melakukan hal buruk padanya. Jadi jangan panik ketika si kecil mendekati adiknya.

Sebaliknya, awasi dan ajari mereka bagaimana cara menyayangi adiknya. Tunjukkan pada si kecil bagaimana mereka bisa membantu Anda dalam mengurus si kecil. Misalnya, meminta dia mengambilkan popok untuk adiknya.

2. Jangan katakan Anda akan membagi cinta 

Jangan katakan bahwa Anda akan membagi rasa cinta pada si sulung dan si bungsu. Karena hal ini dapat membuatnya merasa takut posisinya terganti. Sebaiknya, jelaskan padanya bahwa Anda akan tetap mencintainya seperti sebelumnya, dan kehadiran anggota keluarga baru tidak akan membuat cinta Anda berkurang.

3. Jangan paksa dia menjadi “anak besar”

Jangan paksa si kecil menjadi “anak besar” ketika dia memiliki adik. Karena dia justru akan semakin iri dan merasa harus bertanggung jawab pada tugasnya sendiri. Berikan perhatian dan rasa kasih sayang yang pantas untuknya, biarkan transisi menjadi anak dewasa berjalan sebagaimana mestinya.

4. Jangan membandingkan kakak dengan adiknya 

Setiap anak memiliki keunikan tersendiri. Daripada membandingkan, beri goal untuk masing-masing sesuai dengan bakat yang mereka miliki.

5. Jangan mengabaikan kemarahan kakak 

Berlawanan dari yang banyak dipikirkan orang-orang, sebenarnya kemarahan bukan sesuatu yang harus dihindari. Marah adalah perasaan normal yang dialami manusia dan wajar pula jika rasa ini dirasakan oleh anak pada saudaranya. Saatnya orangtua duduk dan mendengarkan apa yang menyebabkan si kakak marah.

6. Jangan menyalahkan kakak 

Saat adik yang masih bayi memukul kakak, si kakak mungkin tidak mengerti jika bayi melakukan hal tersebut bukan karena kesal atau marah. Kejadian yang umum, si kakak akan balas memukul atau mencubit lalu dia mengatakan jika si adik yang mulai lebih dulu. Dalam situasi ini, orangtua tidak seharusnya menyalahkan kakak, tapi dengarkan dulu kronologis yang sebenarnya. Demikian dilansir dari Childdevelopmentinfo

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut