get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Sepanjang 2022, Dinkop UMKM Karawang Fasilitasi Puluhan Ribu Pelaku Usaha

Rabu, 11 Januari 2023 | 18:50 WIB
header img
Kepala bidang pemberdayaan usaha mikro pada Dinkop UKM Karawang, Agus Jaelani. (Foto: Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Sepanjang tahun 2022, Dinas Koperasi dan UMKM Karawang beri fasilitas untuk puluhan ribu pelaku UMKM di Kabupaten Karawang.

Kepala bidang pemberdayaan usaha mikro pada Dinkop UKM Karawang, Agus Jaelani mengatakan, pemberian fasilitas itu mulai dari bantuan dana hingga peralatan produksi hingga gerobak.

Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa selain dari bantuan dana dari kementerian, ada juga bantuan Dinkop Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Karawang.

"Itu semua diberikan untuk pengembangan produksi mereka (pelaku UMKM). Tidak hanya dana dan barang, kita juga memberikan fasilitas Haki, perbaikan kemasan, NIB dan juga barcode serta halal dengan harapan UMKM di Karawang bisa lebih berkembang lagi," katanya. 

Lanjut Agus, pihaknya bersama Disnakertrans, juga memberikan fasilitas pelatihan, mulai dari membatik, service ac dan keterampilan lainnya. 

"Jadi enggak hanya bantuan barang dan dana saja, kita juga mengasah kemampuan mereka," lanjutnya.

Dan masih kata Agus, untuk memastikan semua bantuan dipergunakan dengan baik, pihaknya juga melakukan evaluasi dan monitoring setiap minggunya ke setiap pelaku umkm yang menerima bantuan, baik pendanaan maupun dalam bentuk barang.

“Kita cek setiap minggunya, demi memantau perkembangan dari setiap pelaku umkm di Karawang serta tepat guna atau tidak bantuan yang diberikan," ujarnya.

Untuk di tahun 2023 ini, dirinya berharap para pelaku umkm dapat difasilitasi dengan merata.

"Untuk yang belum terfasilitasi, tahun ini insyaallah kita akan penuhi. Karena bantuan-bantuan ini sifatnya rolling, tidak menetap di satu umkm saja," pungkasnya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut