Logo Network
Network

4 Deretan Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Keju

Novie Fauziah , Okezone
.
Kamis, 29 Desember 2022 | 14:29 WIB
4 Deretan Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Keju
Ilustrasi keju. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai 4 makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Tubuh kita dianjurkan mengonsumsi makanan-makanan sehat, dan sebaiknya mengurangi makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi.

Kolesterol merupakan zat lilin yang ditemukan di tubuh Anda dan produk hewani seperti daging, telur, dan susu. Kolesterol memainkan peran penting dalam produksi hormon, vitamin D dan empedu yang diperlukan untuk mencerna lemak.

Kolesterol adalah komponen penting dari setiap sel dalam tubuh Anda, memberikan kekuatan dan fleksibilitas membran sel. Sebuah penelitian mengatakan, mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi baik untuk tubuh, asalkan dikonsumsi sesuai porsinya.

Lalu apa saja makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi? Dilansir dari laman Health Line, berikut 4 di antaranya;

1. Telur

Telur adalah salah satu makanan paling bergizi yang bisa Anda konsumsi hampir setiap hari. Makanan ini juga tinggi kolesterol, dengan satu telur besar memberikan 211 mg kolesterol, atau 70 persen dari RDI.

Sebagian orang menghindari memakan telur karena kolesterolnya yang tinggi. Namun penelitian menunjukkan, bahwa telur tidak berdampak negatif terhadap kadar kolesterol dan makan telur utuh dapat menyebabkan peningkatan HDL (berfungsi sebagai pembersih kolesterol berlebih) sebagai pelindung jantung.

Selain menjadi kaya kolesterol, telur merupakan sumber protein yang sangat baik sangat diserap dan sarat dengan nutrisi bermanfaat seperti vitamin B, selenium, dan vitamin A.

2. Keju

Dalam 1 ons (28 gram) yang terdapat dalam keju menyediakan 27 mg kolesterol, atau sekitar 9 persen dari RDI. Meskipun keju sering dikaitkan dengan peningkatan kolesterol, beberapa penelitian menunjukkan bahwa keju penuh lemak tidak berdampak negatif terhadap kadar kolesterol.

Berbagai jenis keju memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, tetapi kebanyakan keju menyediakan kalsium, protein, vitamin B dan vitamin A dalam jumlah yang baik.

3. Jeroan

Kemudian ada jeroan kaya kolesterol, berpengaruh terhadap tubuh seperti jantung, ginjal dan hati. Misalnya, jantung ayam adalah sumber antioksidan kuat CoQ10 yang sangat baik , serta vitamin B12, zat besi, dan seng.

Jeroan juga tinggi kolesterol, dengan 2 ons (56 gram) yang menyediakan 105 mg kolesterol, atau 36 persen dari RDI.

Dalam sebuah studi, lebih dari 9.000 orang dewasa Korea menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi daging mentah yang tidak diproses dalam jumlah sedang, termasuk daging jeroan, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung.

4. Yoghurt

Bagi Anda yang sedang diet, maka sudah tidak asing lagi mengonsumsi yoghurt sebagai makanan wajib. Ternyata susu yang telah difermentasi ini memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi lho.

Selain itu terdapat berbagai macam nutrisi di dalamnya, seperti protein, kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, seng, dan kalium. Satu cangkir (245 gram) yoghurt penuh lemak mengandung 31,9 mg kolesterol, atau 11 persen dari RDI.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini