Logo Network
Network

Baru Warnai Rambut? Begini 8 Tipsnya Agar Warna Rambut Tak Mudah Luntur

Kiki Oktaliani , MNC Portal
.
Selasa, 27 Desember 2022 | 20:06 WIB
Baru Warnai Rambut? Begini 8 Tipsnya Agar Warna Rambut Tak Mudah Luntur
Ilustrasi mewarnai rambut. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai 8 tips agar warna rambut tak mudah luntur. Saat melakukan pewarnaan rambut, rambut akan terlihat lebih indah dan cantik. Melakukan pewarnaan rambut tentunya membutuhkan perawatan dan juga perhatian yang ekstra.

Saat baru saja melakukan pewarnaan rambut, terdapat beberapa hal yang penting untuk diperhatikan agar kualitas warna cat rambut tidak mudah luntur sekaligus warna yang dikeluarkan akan lebih maksimal.

Menukil The Everygirl, Kamis (22/12/2022) berikut delapan tips cara merawat rambut yang baru diwarnai agar warnanya tetap jreng dan tak mudah luntur.

1. Jangan langsung keramas: Setelah proses pewarnaan, tunggu 72 jam dulu sebelum keramas. Saat mewarnai rambut, lapisan kutikula terbuka, sehingga memudahkan warna menembus batang rambut. Kalau rambut langsung dicuci, lapisan kutikula masih bisa terbuka yang kemudian menyebabkan warna tersebut luntur. Diperlukan waktu hingga tiga hari agar lapisan kutikula benar-benar tertutup sempurna agar warna cat bisa keluar maksimal.

2. Pakai sampo dan kondisioner bebas sulfat: Bahan yang digunakan untuk membantu menghasilkan efek berbusa pada sampo dan kondisioner. Sulfat bisa menghilangkan minyak dan kelembaban alami rambut, yang pada akhirnya bisa menyebabkan pengelupasan rambut yang sebelumnya diwarnai. Coba gunakan sampo dan kondisioner bebas sulfat agar warna rambut tidak memudar.

3. Jangan keramas dengan air panas: Sebab, ketika mencuci rambut dengan air panas, kutikula rambut jadi terbuka, memicu warna cat rambut hilang saat keramas. Anda bisa menggunakan air hangat, kemudian dibilas dengan air dingin. Tujuannya agar sampo dan kondisioner meresap dan membersihkan kulit kepala, sedangkan air dingin akan membantu menyegel kelembapan dari kondisioner sekaligus mencegah warna memudar karena kutikula telah dikunci.

4. Jangan terlalu sering keramas: Mencuci rambut terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami yang diproduksi kulit kepala yang berfungsi untuk melembabkan dan membuat warna cat luntur. Cukup keramas setiap dua hari sekali atau bahkan 2 sampai 3 kali seminggu juga boleh.

5. Dry shampo: Alih-alih sering membasahi rambut dengan keramas, triknya supaya rambut tetap terlihat segar dan wangi, bisa gunakan sadry shampoo yang aman untuk rambut berwarna.

6. Pakai semprotan pelindung panas: Dipakai sebelum menata rambut dengan hairdryer, catokan, atau alat styling lainnya, karena panas akan menghilangkan warna, hidrasi, serta menyebabkan rambut rusak. Semprotan pelindung panas akan membantu mengurangi hilangnya kelembapan dari dalam rambut, menghaluskan bagian luar rambut, dan melindungi rambut.

7. Hindari klorin dan air asin: Jika akan berenang jangan lupa untuk mengenakan topi renang, agar menghindari rambut terpapar klorin secara langsung.

8. Potong ujung rambut mati secara teratur: Ujung rambut mati tidak akan menahan warna cat rambut jadi bertahan lama. Potong ujung rambut mati setiap 6-8 minggu agar warnanya terlihat segar dari akar hingga ujung.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini