get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

6 Tips Ampuh Obati Mata Merah dan Berair

Selasa, 27 Desember 2022 | 18:54 WIB
header img
6 Tips Ampuh Atasi Mata Merah dan Berair (Foto : ilustrasi)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Saat kita mengalami iritasi di bagian mata, bisa menyebabkan mata merah. Mata merah biasanya bersifat sementara dan hilang dengan cepat. 

Dan pada umumnya, mata merah juga bisa disertai dengan sakit mata, gatal, keluarnya cairan mata, mata bengkak, atau perubahan penglihatan, seperti penglihatan kabur. Sehingga membuat langkah awal bagaimana mengobati mata merah dan berair 

Untuk itu berikut ulasan 6  tips ampuh mengobati mata merah dan berair. Apa Saja? 

1. Hindari pemicu atau iritasi 

Bagi yang mengalami mata merah dianjurkan untuk menghindari pemicu dari iritasi, seperti asap, asap, serbuk sari, debu, klorin atau bulu hewan peliharaan. Jika tidak tahu apa yang mengiritasi mata untuk menemui ahli alergi. 

2. Selalu menjaga kebersihan tangan 

Sering-seringlah mencuci tangan. Jangan menyentuh mata, kecuali Anda baru saja mencuci tangan. Jadi salah satu upaya mengobati hingga mencegah mata merah. 

3. Konsumsi obat antihistamin 

Mata merah dan berair bisa disebabkan oleh reaksi alergi pada tubuh. Misalnya, orang alergi bulu binatang akan mudah bersin-bersin dan mengalami mata merah berair, jika tubuhnya terkena penyebab alergi tersebut. 

Untuk mengatasi mata merah akibat alergi, bisa mengonsumsi obat antihistamin sesuai anjuran dokter. Biasanya gejala mata merah berair karena alergi akan hilang sekitar 30 menit pasca mengonsumsi antihistamin. 

4. Kompres mata 

Salah atau cara mudah mengobati mata merah, juga bisa memgkompres mata dengan air hangat atau dingin. Dengan kompres terbuat dari kain katun lembut dan bersih yang sudah dibasahi dengan air dingin atau air hangat. 

Lalu, menempelkan kompres basah pada mata yang merah dan berair selama beberapa menit. 

5. Istirahatkan mata 

Mengistirahatkan mata untuk sementara sangat penting, dengan menghindari gadget atau memejamkan mata. Selain itu, juga dilakukan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi berbagai makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan mata. Selain itu juga hindari merokok karena paparan asap rokok dapat memicu mata merah. 

6. Antibiotik 

Salah satu obat yang bisa dikonsumsi untuk mengobati mata merah atau berair. Obat antibiotik dapat digunakan jika kondisi mata merah, yang disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti konjungtivitis, keratitis, atau skleritis. 

Infeksi bakteri dapat terjadi akibat penularan dari orang lain yang terinfeksi atau bisa menggunakan lensa kontak yang telah terkontaminasi bakteri. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut