get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Mengapa Semua Sampah Tak Dibuang ke Kawah Gunung Berapi? Begini Penjelasannya

Kamis, 15 Desember 2022 | 11:51 WIB
header img
Mengapa semua sampah tak dibuang ke kawah gunung berapi? (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Perlu diketahui sampah seringkali menjadi persoalan bagi masyarakat karena baunya yang menyengat. Selain itu mengganggu indera penciuman, serta tumpukan sampah juga merusak pemandangan lingkungan di sekitar.

Mungkin sering timbul pertanyaan, mengapa sampah tidak dibuang ke tempat yang jauh atau mengapa semua sampah tidak dibuang ke kawah gunung berapi? Lantas, mungkinkah manusia memanfaatkan gunung berapi untuk membakar sampah?

Dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?, Kamis (15/12/2022), pada dasarnya kawah-kawah gunung berapi memang mampu membakar atau melelehkan banyak benda karena suhunya yang sangat panas mencapai 1.000 derajat Celcius, tetapi nyatanya tidak semua benda bisa terbakar.

Manusia menciptakan begitu banyak barang kuat sehingga tidak bisa begitu saja terbakar hangus oleh magma yang ada di dalam gunung berapi. Faktanya, danau lava yang ada itu sebenarnya tidak terlalu dalam.

Selain itu, tidak banyak gunung berapi yang aktif di Bumi kita yang memiliki danau lava atau kawah besar berisi lava. Sebuah wilayah di sekitar Samudera Pasifik hanya memiliki sekitar 1.500 gunung berapi atau 75 persen gunung berapi yang ada di dunia

Indonesia terkenal dengan negara yang memiliki banyak gunung berapi, tetapi tidak semua bisa jadi tempat pembuangan sampah. Hal ini dikarenakan membuang sampah ke gunung berapi yang aktif bukan sesuatu yang mudah, tentunya berbahaya.

Umumnya, kawah gunung berapi bentuknya seperti danau yang dipenuhi aliran lava sehingga sulit untuk dijangkau oleh manusia. Danau lava seringkali tidak stabil, jika ada sesuatu yang basah dapat memicu reaksi ledakan termasuk uap bertekanan tinggi.

Bukan hanya itu, danau lava memiliki bentuk yang curam dan sulit untuk membawa semua sampah yang ada di Bumi ke gunung berapi tersebut.

Sampah yang ada di Bumi ini biasanya didominasi bahan plastik, logam, dan benda-benda lainnya yang menghasilkan banyak gas beracun bila terbakar. Padahal, gunung berapi sudah menghasilkan ribuan kilogram gas beracun.

Hal tersebut akan meningkatkan jejak karbon dan berdampak pada pencemaran lingkungan yang justru semakin besar. Kemudian, jarak pengiriman sampah ke gunung berapi akan menghabiskan waktu, uang, dan banyak bahan bakar.

Pembakaran sampah di danau lava gunung berapi justru akan meningkatkan perubahan iklim secara besar-besaran. Jadi, kita tahu bahwa membuang sampah ke gunung berapi bukan hal yang tepat.

Ada beberapa cara untuk meminimalisir sampah di Bumi kita, seperti menggunakan kemasan plastik biodegradable atau bahkan mengurangi penggunaan kantong plastik. Kita juga bisa mendaur-ulang barang agar bisa dipergunakan lagi.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut